Maqasid Shariah dalam pembaharuan fiqh pernikahan di Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Mawardi, Ahmad Imam (2018) Maqasid Shariah dalam pembaharuan fiqh pernikahan di Indonesia. Pustaka Radja, Surabaya. ISBN 978-602-6690-39-5

[img] Text
Ahmad Imam Mawardi_Maqasid Syariah.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39146

Abstract

Seiring dengan perjalanan manusia, maka berbagai masalah kehidupan muncul. Problematika kehidupan muncul menjadi kerumitan masalah yang terus berlangsung tanpa henti. Manusia berupaya keras menyelesaikan berbagai problematika tersebut dengan akal budinya. Pada satu sisi, pemecahan problematika melalui akal budi ini menjadikan peradaban manusia menjulang tinggi hingga masa sekarang. Diskursus mengenai maqasid al-shari’ah belakangan ini semakin digemari oleh berbagai kalangan yang mempunyai perhatian terhadap hukum Islam. Terma maqasid menempati urgensitas tersendiri melebihi terma-terma ushul fiqh yang lain. Terma yang disistematiskan oleh Shatibi ini mendapatkan respon yang menggembirakan dari berbagai pihak, para sarjana muslim klasik dan modern. maqasid al-shari’ah adalah pemahaman ruh tashri’ seperti masa sahabat nabi Muhammad SAW sebagai metode istinbath hukum Islam pada waktu itu. Buku berjudul “maqasid Shari’ah dalam Pembaharuan Fiqh Pernikahan di Indonesia” karya Dr. KH. Ahmad Imam Mawardi, MA, ini merupakan karya ingin mengajak kita untuk bagaimana fiqh memandang sebuah pernikahan. Mulai soal kepemimpinan, sosial, ekonomi, dan sebagainya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Book
Creators:
CreatorsEmailNIM
Mawardi, Ahmad Imamai_mawardi@yahoo.co.id2020087002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIED., .UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Nikah
Keywords: Maqasid Shariah; fiqh pernikahan; pernikahan
Divisions: Karya Ilmiah > Buku
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Feb 2020 02:32
Last Modified: 17 Apr 2020 04:11
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39146

Actions (login required)

View Item View Item