Pengaruh strategi Multiple Intelligence terhadap peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 9 "MeSRA" Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hidayatussholihah, Norma (2010) Pengaruh strategi Multiple Intelligence terhadap peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 9 "MeSRA" Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Norma Hidayatussholihah_D01205097.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39147

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah (1) Bagaimana pelaksanaan Strategi Multiple Intelligence dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam, (2) Bagaimana hasil balajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, dan (3) Bagaimana pengaruh penerapan Strategi Multiple Intelligence terhadap peningkatan hasil belajar Pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 9 "MeSRA" Surabaya. Dilatar belakangi oleh perilaku sebagian besar pendidik terutama pengajar agama Islam, yang berat sebelah dalam memperlakukan anak didiknya dan cenderung menyukai anak her-IQ tinggi tanpa memandang potensi-potensi anak didiknya yang lain. Oleh sebab itu, Howard Gardner mengkritik tes IQ yang menurutnya tidak valid dan tidak representative. Ia memandang kecerdasan anak tidak dapat diukur, karena setiap saat intelligensi anak dapat meningkat. Menurutnya, kecerdasan adalah kemampuan anak untuk memecahkan masalah kehidupan, menciptakan permasalahan barn untuk disaksikan, menciptakan sesuatu yang menawarkan jasa dan menimbulkan penghargaan dari orang lain. Setidaknya terdapat 9 kecerdasan yang dimiliki setiap individu yang semuanya berbeda kapasitasnya, yang disebut juga dengan "Multiple Intelligences". Di Indonesia, teori ini dikembangkan oleh Munif Chatib, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara strategi Multiple Intelligences terhadap peningkatan hasil belajar pada mata pelajaran pendidikan agama Islam. Sedangkan obyek penelitian yang digunakan berjurnlah 59 siswa. Teknik pengumpulan data menggunakan metode angket, observasi, interview dan dokumentas. Teknik analisis data untuk mengetahui variabel x dan variabel y menggunakan rumus prosentase, sedangkan untuk mengetahui hubungan antara variabel x dan variabel y, peneliti menggunakan rumus product moment yang kemudian hasilnya dikonsultasikan pada tabel product moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa ada hubungan yang signifikan antara strategi Multiple Intelligence (70,34%) dengan peningkatan hasil belajar PAI (59,66%) dengan r,..-.y = 0,476%. Sedangkan traf signifikansi pada tabel product moment adalah 5% = 0,254 dan 1% = 0,330 sehingga r0 > ft Jadi hipotesis kerja diterima sedangkan hipotesis nol ditolak. Maka diketahui bahwa pengaruh strategi Multiple Intelligence terhadap peningkatan hasil belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan Agama Islam di SMP Muhammadiyah 9 "MeSRA" Surabaya adalah sedang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hidayatussholihah, Norma--D01205097
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSubhan, Fautifauti_subhan@gmail.com2010105402
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Strategi belajar; Multiple Intelligence; peningkatan hasil belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 26 Feb 2020 03:20
Last Modified: 26 Feb 2020 03:20
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39147

Actions (login required)

View Item View Item