Pengaruh penerapan strategi Guided Note Taking terhadap keaktifan pembelajaran siswa pada bidang Pendidikan Agama Islam di SMP Kemala Bhayangkari Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Naimah, Imsikhatun (2010) Pengaruh penerapan strategi Guided Note Taking terhadap keaktifan pembelajaran siswa pada bidang Pendidikan Agama Islam di SMP Kemala Bhayangkari Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Imsikhatun Naimah_D21206262.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39151

Abstract

Sekripsi ini adalah penelitian yang berjudul pengaruh penerapan strategi guided note taking terhadap keaktifan pembelajaran siswa pada bidang pendidikan agama isJam di SMP Kemala Bhayangkari Surabaya. Ada tiga hal persoalan yang hendak dikaji dalaJn skripsi ini, yaitu: (1). Bagaimana penerapan strategi guided note taking pada bidang pendidikan agama islam di SMP Kemala Bhayangkari Surabaya? (2). Bagaimana keaktifan pembelajaran siswa pada bidang pendidikan agama islam di SMP Kemala Bhayangkari Surabaya? (3). Bagaimana pengaruh penerapan strategi guided note taking terhadap keaktifaaan pembelajaran siswa pada bidang pendidikan agama islam di SMP Kemala Bhayangkari Surabaya? Adapun data-data penelitian ini dihimpun dari SMP Kemala Bhayangkari Surabaya yang merupakan obyek penelitian, dengan mengunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, angket, interview, dan dokumentasi. Berkenaan dengan itu jenis penelitian yang digunakan untuk meneliti ada tidaknya pengaruh penerapan strategi guided note taking terhadap keaktifan pembeljaran siswa pada bidang pendidikan agama islam di SMP Kemala Bhayangkari Surabaya adalah penelitian kuantitatif. Selain itu penelitian yang dilaksanakan juga merupakan penelitian yang sifatnya deskriptif korelasional, karana penelitian ini adalah penelitian yang menggambarkan tentang pengaruh atau sebab atau akibat dari kedua variabel penelitian. Berdasarkan hasil yang diperoleh dari lapangan dan dari perhitungan dengan menggunakan rumus ''r'' product moment, dapat disimpulkan: (1) Bahwa penerapan strategi guided note taking pada bidang pendidikan agama islam di SMP Kemala Bhayangkari Surabaya adalah termasuk dalam kataori sangat baik. Hal ini terbukti dari hasil observasi bahwa kemampuan guru pendidikan agama islam dalam menerapkan strategi guided note taking dike berdasarkan langkah-langkah pembelajaran strategi guided note taking dengan perolehan rata­rata 3,59 dan juga terbukti dari hasil prosentase l'esponden sebesar 86,5. (2) Keaktifan pembelajaran siswa pada bidang pendidikan agama islam di SMP Kemala Bhayangkari Surabaya dengan hasil mean sebesar 8,0 termasuk dalam katagori baik dari hasil observasi. (3) Adanya pengaruh penerapan strategi guided note taking terhadap keaktifan pembelajaran siswa pada bidang pendidikan agama islam di smp Kemala Bhayangkari Surabaya dapat dikatakan berpengaruh. Hal ini terbukti diterimanya H dengan nilai c sebesar 0,67, sedangkan untuk mengetahui sejauh mana pengaruh penerapan strategi guided note taking tarhadap keaktifan pembelajaran siswa di SMP Kemala Bhayangkari Surabaya dapat dikatakan interpretasi menyatakan r = 0,40 - 0,70 menunjukkan terdapat korelasi yang sedang atau .cukup. Sehingga untuk tingkata pengaruh penerapan srategi guided note taking terhadap keaktifan pembelajaran siswa di SMP Kemala Bhayangkari Surabaya dapat dikatakan mempunyai korelasi yang sedang Icukup karena r sebesar 0,67.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Naimah, Imsikhatun--D21206262
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFanany, Abd. Chayyi----
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Strategi belajar; Guided Note Taking; keaktifan pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Feb 2020 06:44
Last Modified: 21 Feb 2020 06:44
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39151

Actions (login required)

View Item View Item