Pengaruh teori belajar Hukum Kontiguitas (Law Of Contiguity) terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri I Wonoayu Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Azmi, Nidaus Sholihah (2010) Pengaruh teori belajar Hukum Kontiguitas (Law Of Contiguity) terhadap pembelajaran pendidikan agama Islam di SMA Negeri I Wonoayu Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nidaus Sholihah Azmi_D31205041.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39153

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan kuantitatif dan kualitatif untuk menjawab pertanyaan: 1) Bagaimana penerapan teori belajar hukum kontiguitas (law of Contiguity) pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri I Wonoayu Sidoarjo, 2) Bagaimana pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri I Wonoayu Sidoarjo, 3) Adakah pengaruh teori belajar hukum kontiguitas (Law of Contiguity) terhadap pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri I Wonoayu Sidoarjo. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. penelitian kuantitatif adalah penelitian yang menggunakan data berupa angka-angka yang terkumpul sebagai hasil penelitian. Selanjutnya dianalisis dengan menggunakan metode statistika Pendekatan kuantitatif pada penelitian ini digunakan untuk menganalisis data yang berbentuk angka sebagai alat untuk menemukan keterangan mengenai apa yang ingin diketahui. Penelitian ini merupakan penelitian populasi yang mengacu pada Suharsimi yakni 20 -25 % dari 200 siswa kelas XII SMA Negeri Wonoayu Sidoarjo dalam lima kelas sehingga dapat diketahui jumlah keseluruhannya dari 20 % adalah 40 siswa dan tiap kelas diambil 8 siswa yang dijadikan sampel dalam penelitian ini. Adapun metode pengumpulan datanya adalah observasi, angket, dokumentasi dan interview. Data analisa dengan metode deskriptif berdasarkan kategori untuk data kuantitatif dengan product moment. Hasil analisis perhitungan antara variabel X (teori belajar hukum kontiguitas) clan variabel Y (pembelajaran Pendidikan Agama Islam) diperoleh angka 0,759 yang berarti kuat atau positif. Akhirnya, penelitian ini dapat disimpulkan bahwasannya terdapat korelasi yang kuat atau positif antara teori belajar hukum kontiguitas dengan pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) kelas XII SMA Negeri I Wonoayu Sidoarjo.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Azmi, Nidaus Sholihah--D31205041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMunawir, Munawirmunawirpgmi@yahoo.co.id2001086501
Subjects: Pendidikan > Sumber Belajar
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Teori belajar; Hukum Kontiguitas; Law Of Contiguity; pembelajaran
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Feb 2020 07:08
Last Modified: 21 Feb 2020 07:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39153

Actions (login required)

View Item View Item