Implementasi pembelajaran membaca Al Quran Metode Jibril di Pesantren Ilmu Al Quran Singosari Malang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asrussani, Muhammad (2010) Implementasi pembelajaran membaca Al Quran Metode Jibril di Pesantren Ilmu Al Quran Singosari Malang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muhammad Asrussani_D31206065.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39155

Abstract

Banyak sekali metode-metode yang berkembang seiring berkembangnya zaman ini guna memepermudah siswa dalam pembelajaran Al-Qur'an. PIQ adalah pesantren yang banyak menelorkan banyak pakar Al-Qur'an.Maka dari itu peneliti ingin mengetahui tehnik pembelajarannya dari segi perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengawasannya. Fokus kajian pada skripsi ini adalah berusaha menggambarkan bagaimana lmplementasl Pembelajaran Membaca Al-Qur' an Metode Jibril di Pesantren Ilmu Al-Qur'an Singosari Malang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan menggunakan pendekatan Deskriptif Kualitatif. Yakni dengan cara memberikan interpretasi logis dari gambaran pada sunlber obyek. Sehingga lebih ditekankan pada penelitian langsung yang intensif, mendalam, mendetail, dan komprehensif dalam analisis data atau observasi valid. Sumber data dalam penelitian ini adalah Pengurus dan para asatidz dan santri PIQ Malang, sedangkan untuk mendapatkan data yang diinginkan, digunakan teknik analisis deskriptif dan metode induktif. Berdasarkan hasil penelitian, maka implementasi metode jibril begitu baik dan tertata rapi, baik untuk perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengawasan terkoordinir sangat baik demi terwujudnya generasi-generasi qur'ani. Semoga dengan penelitian ini dapat dijadikan khaz.anah keilmuan khususnya dalam pengembangan sebuah metode pembelajaran pada santri PIQ.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asrussani, Muhammad--D31206065
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorFanany, Abd. Chayyi----
Subjects: Pesantren
Pendidikan > Pembelajaran
Pendidikan > Metode
Keywords: Pembelajaran; membaca Al Quran; Metode Jibril; Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 21 Feb 2020 07:28
Last Modified: 21 Feb 2020 07:28
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39155

Actions (login required)

View Item View Item