Hubungan antara dukungan sosial dengan Nomophobia pada remaja

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Wibowo, Gunawan Ari (2020) Hubungan antara dukungan sosial dengan Nomophobia pada remaja. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Gunawan Ari Wibowo_B77213066.pdf

Download (11MB)

Abstract

Penggunaan telepon genggam dari tahun ke tahun mengalami peningkatan yang signifikan. Di Indonesia, jumlah pengguna telepon genggam melampaui jumlah total populasi penduduknya. Pengguna telepon genggam terbanyak dari total populasi masyarakat Indonesia adalah usia produktif (10-24 tahun) yang mana di dalamnya termasuk remaja. Penting untuk mengetahui resiko-resiko potensial yang dapat muncul dari penggunaan telepon genggam yang berlebihan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan antara dukungan sosial dengan nomophobia pada remaja. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan pendekatan korelasi dan pengumpulan data menggunakan teknik skala dukungan sosial dan skala nomophobia. Subjek penelitian berjumlah 64 siswa dari total populasi yaitu siswa-siswi kelas XII IPA di SMA Ta'miriyah Surabaya yang berjumlah 180 siswa. Teknik pengambilan sampel pada penelitian ini menggunakan teknik purposive random sampling. Teknik analisis data menggunakan analisis product moment dari SPSS for Windows versi 21. Hasil menunjukkan nilai korelasi p=0,464 > 0,05 yang berarti Ho diterima dan Ha ditolak. Koefisien korelasi antara kedua variabel adalah -0,093. Hal ini menunjukkan bahwa tidak ada hubungan yang signifikan antara dukungan sosial dengan nomophobia pada remaja dan dukungan sosial memberikan sumbangsih efektif terhadap nomophobia sebesar 0.9%. Sedangkan sisanya 99,1% dipengaruhi oleh faktor-faktor lain.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Wibowo, Gunawan Arignwn.ari.wbw@gmail.comB77213066
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAbrorry, Luckyluckyabrorry@uin.sby.ac.id2001107901
Subjects: Remaja
Divisions: Fakultas Psikologi dan Kesehatan > Psikologi
Depositing User: Gunawan Ari Wibowo
Date Deposited: 28 Feb 2020 08:02
Last Modified: 28 Feb 2020 08:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39157

Actions (login required)

View Item View Item