Pengaruh strategi belajar PQ4R terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII di MTs Ihyaul Ulum Dukun Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faricha, Umu (2010) Pengaruh strategi belajar PQ4R terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VII di MTs Ihyaul Ulum Dukun Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Umu Faricha_D31206028.pdf

Download (4MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39161

Abstract

Salah satu pembaharuan dalam dunia pendidikan indonesia adalah dengan adanya kehadiran sosok guru yang kompeten yang mampu menciptakan lingkungan belajar yang efektif dan inovatif serta mampu mengelola suasana pembelajaran menjadi suasana yang menyenangkan oleh karena itu, diantara salah satu cara yang digunakan guru dalam menumhuhkan dan membangkitkan motivasi belajar siswa yang ada pada diri mereka adalah dengan menggunakan strategi belajar yang menarik. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh strategi belajar PQ4R pada materi aqidah akhlak kelas VII di MTs lhyaul Ulum Dukun Gresik, Bagaimana motivasi pembelajaran siswa pada materi aqidah akhlak kelas VII di MTs lhyaul Ulum Dukun Gresik dan Adakah pengaruh strategi belajar PQ4R terhadap motivasi belajar siswa pada materi aqidah akhlak ke1as VII di MTs lhyaul Ulum Dukun Gresik, adapun penelitian ini adalah penelitian kuantitatif diskritif ,dalam pengumpulan data penuli menggunakan data berupa data observasi, interview, dokumentasi dan angket untuk mengetahui pelasanaan strategi PQ4R dan motivasi belajar siswa, penulis menggunakan rumus prosentase, sedang untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh model pembelajaran PQ4R terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak penulis menggunakan rumus product moment. Peneliti mendasarkan diri kepada pendapat suharsimi Arikunto yang mengatakan bahwa apabila populasi kurang dari 100 orang, lebih baik diambil semuanya sehingga penelitiannya adalah penelitian populasi. Apabila subyeknya lebih dari 100 orang, maka diperbolehkan mengambil 10%-15% atau 20%-25% atau lebih. Adapun dalam penelitian ini adalah penulis menetapkan sampel sebesar 20% darijumlah populasi kelas VII A, B, C, dan D yang berjumlah 150 siswa. Berdasarkan hasil penelitian dapat diperoleh suatu kesimpulan sebagai berikut: Penerapan strategi PQ4R pada materi aqidah akhlak kelas VII di MTs Ihyaul Ulum Dukun Gresik mencapai 87,6% (tergolong baik) dari 30 responden yang dijadikan obyek penelitian tergolong baik. Motivasi belajar siswa di MTs ihyaul ulum dukun gresik mencapai 63% (tergolong cukup baik) dari 30 responden yang dijadikan obyek penelitian tergolong cukup baik. Dan untuk pengaruh strategi belajar PQ4R terhadap motivasi belajar siswa pada materi aqidah akhlak kelas VII di MTs Ihyaul Ulum Dukun Gresik mempunyai pengaruh sangat tinggi (1,71).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faricha, Umu--D31206028
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTolchah, Moch.mochtolchah@yahoo.com2005035301
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Strategi belajar; PQ4R; motivasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Feb 2020 02:49
Last Modified: 24 Feb 2020 02:49
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39161

Actions (login required)

View Item View Item