Pengaruh penggunaan Multimedia Learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MA Unggulan STEP-2 IDB Darul Ulum Peterongan Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Najihah, Iffatun (2010) Pengaruh penggunaan Multimedia Learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran Fiqih di MA Unggulan STEP-2 IDB Darul Ulum Peterongan Jombang. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Iffatun Najihah_D01206157.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39163

Abstract

Penggunaan multimedia learning, merupakan langkah yang cukup progresif untuk mempersiapkan para siswa mampu bersaing, berperan aktif, efektif dan cerdas dalam menyikapi perkembangan ilmu pengetahuan dan teknologi. Multimedia Learning merupakan penyampaian materi dengan menggunakan kata-kata dan gambar-gambar kepada siswa sebagai proses perubahan tingkah laku dari ketidaktahuannya agar dia lebih mengetahui tentang materi atau informasi tersebut. Yang dimaksud dengan kata disini ialah materinya disajikan dalam verbal form (bentu verbal) misalnya menggunakan teks kata-kata yang tercetak atau terucapkan. Sedangkan yang dimaksud dengan gambar adalah materinya disajikan dalam pictorial form (bentuk gambar). Hal ini bisa dalam bentuk menggunakan grafik statis (ilustrasi, grafik, foto, dan peta) atau menggunakan grafik dinamis (seperti animasi dan video). Penelitian dalam skripsi ini dilakukan untuk mengkaji pengaruh penggunaan multimedia learning terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MA unggulan STEP-2 IDB Darul 'Ulum Peterongan Jombang, dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana penggunaan multimedia learning di MAU STEP-2 IDB Darul 'Ulum Peterongan Jombang, bagaimana motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MAU STEP-2 IDB Darul 'Ulum Peterongan Jombang, dan adakah pengaruh penggunaan multimedia learning terhadap motivasi belajar pada mata pelajaran fiqih di MAU STEP-2 IDB Darul 'Ulum Peterongan Jombang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kuantitatif. Dan pengumpulan datanya dilakukan dengan metode angket, observasi, interview dan dokumentasi. Kemudian data dianalisis menggunakan rumus statistik, yaitu: rumus prosentase dan rumus product moment. Hasil penelitian menyatakan bahwa penggunaan multimedia learning di MA Unggulan STEP-2 Darul 'Ulum Peterongan Jombang dalam proses pelaksanaannya tergolong cukup baik. Karena basil prosentase menunjukkan antara 56%-75%. Dan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih di MA Unggulan STEP-2 Darul 'Ulum Peterongan Jombang juga terbilang cukup baik. Karena hasil prosentase menunjukkan antara 56%-75%. Sedangkan dalam penggunaan multimedia learning di MA Unggulan STEP-2 Darul 'Ulum Jombang mempunyai pengaruh yang positif tinggi atau kuat terhadap motivasi belajar siswa pada mata pelajaran fiqih. Hal ini, berdasarkan dari hasil penghitungan product moment, hasil yang di peroleh adalah 0,797 dan pada tabel interpretasi barada pada nilai r = 0,70-0,90 menunjukkan bahwa antara variabel X dan Y terdapat pengaruh yang kuat atau tinggi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Najihah, Iffatun--D01206157
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZuhri, Achmad Muhibinamizuhri@uinsby.ac.id2011077202
Subjects: Motivasi Belajar
Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Penggunaan Multimedia; Multimedia Learning; motivasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Feb 2020 03:02
Last Modified: 24 Feb 2020 03:02
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39163

Actions (login required)

View Item View Item