Pengaruh implementasi Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Al Falah Panji Buduran Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Aina, Qurrotul (2010) Pengaruh implementasi Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir (SPPKB) terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMP Al Falah Panji Buduran Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Qurrotul Aina_D31205069.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39164

Abstract

Model strategi pembelajaran adalah model pembelajaran yang bertumpu pada pengembangan kemampuan berpikir siswa melalui telaah fakta-fakta atau pengalaman anak sebagai bahan untuk memecahkan masalah yang diajukan. Hal ini berdasarkan bahwa kemampuan kognitif sangat penting dalam mengontrol ranah efektif dan psikomotorik. Oleh karena itu, dalam model pembelajaran PKB ranah kognitif lebih ditekankan dalam proses pembelajarannya Untuk memahami dan menghayati materi-materi PAI yang diajarkan guna agama serta menumbuhkan sikap kritis dan kreatif dalam diri siswa terhadap fenomena-fenomena yang terjadi dilingkungan sekitamya. Adapun tujuan dalam penelitian ini: Untuk mengetahui bagaimana pelaksanaan model SPPKB pada materi PAI. Untuk mengetahui bagaimana prestasi belajar siswa pada materi PAI. Untuk mengetahui bagaimana korelasi model SPPKB terhadap prestasi belajar siswa pada materi PAI. Jenis penelitian ini adalah jenis penelitian kuantitatif, sehingga data yang digunakan adalah data kuantitatif. Teknik sampling dalam penelitian ini menggunakan randem acak yaitu sampel siswa kelas VII A yang berjumlah 40 siswa. Metode yang dipakai dalam pengumpulan data diantaranya adalah observasi, wawancara, dan angket. Selain itu, dianalisis dengan teknik prosentase dan product moment dan hasil yang didapatkan adalah sebagai berikut: Bahwa pelaksanaan model pembelajaran PKB (peningkatan kemampuan berpikir) pada proses pembelajaran pendidikan agama islam adalah tergolong baik, yakni melihat hasil nilai pelaksanaan model pembelajaran PKB (peningkatan kemampuan berpikir) yaitu nilai 76%. Bahwa pemahaman materi pendidikan agama islam siswa adalah tergolong cukup atau sedang yakni dengan melihat hasil nilai 74,5%. Bahwa terhadap korelasi yang signifikan antara model pembelajaraN PKB (peningkatan kemampuan berpikir) terhadap pemahaman siswa pada materi pendidikan agama islam yakni dengan melihat hasil dari rumus product moment yaitu 0,9076 yang telah dikonsultasikan dengan tabel. Adapun saran penulis adalah hendaknya para guru lebih memaksimalkan penerapan pelaksanakan model pembelajaran PKB (peningkatan kemampuan berpikir) ini agar dapat tercapai tujuan yang diinginkan yaitu mencetak generasi siswa yang mampu berpikir kritis dan kreatif dalam setiap kehidupannya. Dan bagi siswa hendaknya lebih bersikap mendukung terhadap adanya model pembelajaran PKB (peningkatan kemampuan berpikir) yang diterapkan pada materi pendidikan agama islam (PAI) Untuk menjadi tempat latihan berpikir kritis dan kreatif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Aina, Qurrotul--D31205069
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRubaidi, Rubaidiubeduinsby@gmail.com2010067101
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Prestasi Belajar
Keywords: Strategi belajar; Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir; prestasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Feb 2020 03:15
Last Modified: 10 Sep 2020 13:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39164

Actions (login required)

View Item View Item