Efektivitas penerapan metode Hiwar Qurani dan Nabawi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Avisena Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rhomdlon, Tsamrotul Fuasi (2010) Efektivitas penerapan metode Hiwar Qurani dan Nabawi dalam meningkatkan prestasi belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Avisena Sidoarjo. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tsamrotul Fuasi Rhomdlon_D01206232.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39171

Abstract

Pendidikan merupakan sarana untuk mengadakan suatu perubahan, oleh karena itu pendidikan harus dioptimalkan dalam mencetak generasi muda yang mempunyai kepribadian dan tanggung jawab, baik diri sendiri, masyarakat dan Negara. Adapun permasalahan yang ingin diangkat dalam skripsi ini adalah: 1) Bagaimana penerapan metode hiwar qurani dan pada mata pelajaran PAI di SMA Avisena Sidoarjo, 2) Bagaimana prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMA Avisena Sidoarjo dan 3) Bagaimana tingkat efektivitas penerapan metode Hiwar Qur'ani dan Nabawi dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMA Avisena Sidoarjo. Untuk menjawab ke-tiga permasalahan di atas penulis menggunakan analisis data yaitu analisis data kuantitatif. Dalam hal ini data diperoleh melalui teknik observasi, tes, interview, dokumentasi. Setelah data terkumpul peneliti menggunakan analisis teknik tabulasi, data yang dianalisis yang berhubungan dengan lembar pengamatan yang dilakukan oleh guru dan untuk menjawab permasalahan kedua yaitu tentang keberhasilan mata pelajaran Pendidikan Agama Islam peneliti menggunakan pre test dan post test, yang kemudian dihitung dengan rata-rata dan setelah itu untuk menjawab berhasil tidaknya dengan membandingkan basil rata- rata dengan kriteria yang sudah ditetapkan. Kemudian untuk mencari pengaruh antara kedua variabel tersebut penulis menggunakan teknik uji t (T). Berdasarkan data-data yang diperoleh dalam penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode hiwar qurani dan nabawi di SMA Avisena Sidoarjo, bisa dikatakan cukup hal ini bisa dilihat dari hasil kemampuan guru dalam menerapkan metode tersebut dengan skor rat-rata 3,75 % yang berarti sangat baik, dan keberhasilan bidang studi PAI terletak pada taraf lebih dari cukup hal ini dapat dilihat pada hasil nilai rata-rata kelas yang mengunkan metode tesebut dengan hasil 87,5, menyatakan lebih dari cukup, Sedangkan untuk menganalisa teknik uji t (T) data yang dianalisa adalah data tingkat efektivitas penerapan metode Hiwar Qur'ani dan Nabawi dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik pada mata pelajaran PAI di SMA Avisena Sidoarjo. Dari perhitungan menggunakan rumus tersebut dapat dikatakan berpengaruh dengan melihat basil perhitungan dengan nilai perhitungan adalah sebesar 5,95 maka t hitung lebih besar dari t tabel baik pada taraf signifikansi 5 % maupun pada taraf signifikansi 1 % (1,99 < 5,95 > 2,64).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rhomdlon, Tsamrotul Fuasi--D01206232
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHuda, Hisbullahhisbullahhuda70@yahoo.com.2007017001
Subjects: Pendidikan > Prestasi Belajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Metode Hiwar Qurani; metode Nabawi; prestasi belajar
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Feb 2020 03:12
Last Modified: 25 Feb 2020 03:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39171

Actions (login required)

View Item View Item