Modernisasi pendidikan pesantren: study tentang perspektif pemikiran Azyumardi Azra

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faroq, Ahmad Nailul (2010) Modernisasi pendidikan pesantren: study tentang perspektif pemikiran Azyumardi Azra. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahmad Nailul Faroq_D01206129.pdf

Download (7MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39177

Abstract

Pesantren merupakan lembaga pendidikan Islam yang memiliki keunggulan baik dari aspek tradisi keilmuannya maupun sisi transmisi dan intensitas umat Islam. Derasnya arns globalisasi telah mengancam eksistensi, pesantren sehingga muncul gagasan modemisasi dilingkungan pesantren demi menjawab tantangan kebutuhan transfonnasi sosial. Akan tetapi banyak kalangan mengkhawatirkan tentang gagasan modernisasi pesantren yang berorientasi kekinian dapat mempengaruhi idenitas dan fungsi pokok pesantren. Yang menjadi fokus penelitan ini: Bagaimana Problematika dan upaya Refonnulasi Kelembagaan, Kurikulum, dan Metodologi Pesantren dalam Prespektif pemikiran Azyumardi Azra? Adapun yang menjadi tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Problematika dan Upaya Reformulasi Kelembagaan, Kurikulum, Metodologi Pesantren dalam prespektif pemikiran Azyumardi Azra. Skripsi ini bennanfaat dalam pengembangan, pembangunan dan peningkatan khazanah ilmiah dalam dimensi pendidikan Islam serta bennanfaat juga bagi para pembaca dan penambahan Katya Ilmiah Perpustakan IAIN Sunan Ampel Surabaya. Dalam penelitian ini menggunakan metodologi penelitian: 1. Jenis Penelitian: Kajian Pustaka, 2. Sumber Data: Swnber Data Primer; Karya-kaiya Azyumardi Azra dan sumber sekunder yang relevan, 3. Metode kajian: metode deskriptif. Kesimpulan: Modernisasi pesantren dalam bentuk kelembagaan seperti pertanian, perikanan atau sekolah-sekolah umum didalam lingkungan pesantren telah menimbulkan kemrosotan identitas pesantren sebagai lembaga pendidikan untuk Tafaqquh fi Al-Din dan memproduksi u1ama'. Menurut Azra pesantren harus memberikan apresiasi semua perkembangan yang terjadi dimasa kini dan mendatang sehingga tetap dapat memproduksi ulama' yang berwawasan luas. Memasukkan ilmu­ ilmu umum dalam kurikulum pesantren telah menimbulkan persoa!an yaitu bagaimana tepatnya secara epistomologi menjelaskan Ilmu-ilmu empiris atau ilmu-ilmu sekuler secara sistematis. Menurut Azyumardi Azra, gagasan untuk mengorientasiakan pesantren pada kurikulum "kekinian" perlu ditinjau kembali sebab mungkin gagasan tersebut akan berdampak negatif terhadap eksistensi tugas pukok pesantren. Azra mengharapkan pesantren harus mengorientasikan peningkatan kualitas santrinya kearah penguasaan ilmu-ilmu agama Islam. Penggunaan metodologi yang ketat dan kaku dalam sistem kurikulwn yang mengutamakan penguasaan kognitif semata, menurut Azra dapat mengakibatkan proses pembentukan watak dan kepribadian anak didik terabaikan. Azra mengharapkan pesantren tetap mempertahankan metodologinya yaitu kearah proses belajar, taklim dan takdib sehingga pesantren dapat membentuk santri menjadi muslim yang sholeh.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faroq, Ahmad Nailul--D01206129
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorThobroni, Ahmad Yusamayusamth71@gmail.com2022077101
Subjects: Pendidikan Islam
Pesantren
Keywords: Modernisasi; Pendidikan; Pesantren
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Feb 2020 04:08
Last Modified: 25 Feb 2020 04:08
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39177

Actions (login required)

View Item View Item