Konsep modernisasi kelembagaan pesantren dalam perspektif Azyumardi Azra

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Khoirudin, Reddy Sukma (2010) Konsep modernisasi kelembagaan pesantren dalam perspektif Azyumardi Azra. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Reddy Sukma Khoirudin_D01303093.pdf

Download (6MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39178

Abstract

Adanya gagasan untuk mengembangkan pesantren merupakan pengaruh modernisasi pendidikan pesantren, sedangkan modernisasi pendidikan tidak dapat dipisahkan dengan kebangkitan umat islam dimasa modern. Maka pemikiran dan kelembagaan islam termasuk pendidikan (pesantren) haruslah di modernisasi yaitu sesuai dengan kerangka modemitas tanpa meninggalkan pendidikan islam tradisional. Adapun isi dari skripsi ini terbagi menjadi lima buah yakni: Pendahuluan, Kajian teori, Biografi dan pemildran Azyumardi Azra tentang tradisi pendidikan pesantren, modernisasi pendidikan pesantren persepektif Azyumardi Azra dan Penutup. Adapun rumusan masaiah skripsi ini adaiah bagaimana modernisasl kelembagaan pesantren dafam perpektif Azyumardi Azra, modernisasi kurikulum dalam perspektif Azyumardi Azra dan modernisasi metode pesantren dalam perspektif Azyumardi Azra. Sedangkan dalam pengumpulan data, penulis menggunakan metode kualitatif dengan menggunakan analisis deskriptif. Hal ini dimaksudkan tidak untuk menguji hipotesis tertentu tetapi hanya menggambarkan apa adanya tentang suatu variabel. Seteiah penuils meiakukan peneiitalan bahwa konsep modemlsasi kelembagaan daiam pesantren pengajarannya hanya menekankan pada aspek kognftif aja tanpa mempedulikan aspek psikomotorik tidak diperhatikan, modemitas pendidikan yang dikembangkan di barat tidak cocok bila diterapkan dalam pesantren, pesantren harus tetap memegang tradisinya, ini berarti pesantren tidak perduli pada perubahan atau modernitas pendidikan tetapi bagaimana melakukan penyuasaian yang tidak mengorbankan esensi dari pesantren.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Khoirudin, Reddy Sukma--D01303093
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Subjects: Pendidikan Islam
Pesantren
Keywords: Konsep lembaga pesantren; modernisasi lembaga pesantren; Azyumardi Azra
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 25 Feb 2020 04:34
Last Modified: 25 Feb 2020 04:34
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39178

Actions (login required)

View Item View Item