Moralitas Netizen dalam kasus Body Shaming di media sosial Instagram

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hartiningtiyah, Hartiningtiyah (2020) Moralitas Netizen dalam kasus Body Shaming di media sosial Instagram. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Hartiningtiyah_21215062.pdf

Download (4MB)

Abstract

Sehubungan dengan maraknya kasus penghinaan dan ejekan di media sosial dengan menggunggah gambar atau video di jejaring sosial Instagram, akhir-akhir ini body shaming banyak diperbincangkan di kalangan masyarakat hingga pada rana kepolisian. Namun, hal tersebut masih dianggap biasa dan disepelehkan oleh sebagian orang. Pada umunya, body shaming dapat dikatakan sebagai kekerasan verbal atau bullying. Adapun pada penelitian ini akan menggunakan teori tahap perkembangan moral Lawrence Kohlberg sebagai analisis. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif. Teknik pengumpulan data diperoleh dengan melakukan observasi, wawancara, dokumentasi kemudian analisis dengan melibatkan beberapa informan yang khususnya aktif di media sosial Instagram. Pada penelitian ini penulis akan mengkaji tentang body shaming Netizen di Instagram dan teori perkembangan moral Lawrence Kohlberg dalam body shaming di Instagram. Adapun Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Body shaming banyak terjadi pada perempuan, karena perempuan mempunyai standar kecantikan dan paling sensitif jika berbicara mengenai bentuk tubuh (2) tahap perkembangan setiap individu berbeda-beda, ada yang berada pada tingkat pra-konvensional, konvensinal dan pasca-konvensional. Hasil yang ditujukkan bahwa paling banyak dari setiap informan hanya sampai pada tingaka konvensional.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hartiningtiyah, HartiningtiyahTiyahildah@gmail.comE21215062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRiyadi, Abdul Kadir--2013087003
Thesis advisorRofhani, Rofhaninanirofhani@gmail.com2030017101
Subjects: Agama
Pendidikan > Media
Etika
Keywords: Body Shaming; Media Sosial; Perkembangan Moral Lawrence Kohlberg
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Aqidah Filsafat Islam
Depositing User: HARTININGTIYAH
Date Deposited: 05 Mar 2020 03:43
Last Modified: 05 Mar 2020 03:43
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39217

Actions (login required)

View Item View Item