المشترك اللفظي المتضار في معجم المنور: دراسة دلالية

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Faridah, Dillah (2011) المشترك اللفظي المتضار في معجم المنور: دراسة دلالية. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dillah Faridah_A01207014.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39218

Abstract

Masalah yang diteliti dalam skripsi berjudul "Al-Mustarak Al-Lafdhi Al­ Mutadhad fi Mu'jam Al-Munawwir (Dirasah Dalaliyah), atau dalam bahasa indonesia berarti ''Homonim yang mempunyai ma'na berlawanan yang terdapat dalam kamus al-munawwir, adalah:(1). apa itu kamus al-munawwir?, (2). bagaimana pendapat para ahli bahasa tentang homonim?, (3). Apa saja macam­ macam homonim yang mempunyai ma'na berlawanan yang terdapat dalam kamus al-munawwir? Berhubungan dengan ketiga masalah itu, maka dalam penelitian skripsi ini digunakan metode penelitian bahasa, yakni dengan pendekatan bahasa ilmu semantik atau ilmu makna. Dalam menjelaskannya digunakan metode induktif dan deduktif untuk mengkaji lebih dalam tentang homonim yang mempunyai ma'na berlawanan yang ada di dalam kamus al-munawwir sebagai alat analisisnya. Dalam penelitian ini disimpulkan bahwa, terdapat perbedaan pendapat di kalangan ahli bahasa tentang homonim yang mempunyai ma'na berlawanan, Menurut Qudamai' al-lugho (ulama' bahasa arab terdahulu), mereka berpendapat bahwasannya homonim yang mempunyai ma'na berlawanan bukan tennasuk pembahasan, homonim akan tetapi masuk dalam pembahasan antonim, Sedangkan menurut Muhaddisin (ulama' bahasa arab modem), mereka berpendapat bahwasannya homonim yang mempunyai ma'na berlawanan masuk dalam pembahasan homonim dan termasuk salah satu macam-macam dari homonim. Selain tentang perbedaan pendapat itu, disimpulkan juga bahwa di dalam kamus Al-Munawwir terdapat 101 kata yang bennakna homonim yang mempunyai ma'na berlawanan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Faridah, Dillah--A01207014
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRohim, Fathurzidny_fathan@yahoo.com2025016901
Subjects: Linguistik
Keywords: Homonim; makna berlawanan; Kamus al Munawwir
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 28 Feb 2020 03:17
Last Modified: 28 Feb 2020 03:17
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39218

Actions (login required)

View Item View Item