الصراع الجتماعية في كتاب الأرواح المتمردة لجبران خليل جبران

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Tauhid, Tauhid (2011) الصراع الجتماعية في كتاب الأرواح المتمردة لجبران خليل جبران. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Tauhid_A01207036.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39237

Abstract

Konflik sosial adalah suatu proses sosial antara dua orang atau lebih (bisa juga kelompok) dimana salah satu pihak berusaha menyingkirkan pihak lain dengan menghancurkannya atau membuatnya tjdak berdaya atau adanya masaJah yang timbul dalam kedua pihak baik antara individu maupun kelompok yang disebabkan ketidak relaan dan tidak sepahamnya pemikiran dari salah satu individu atau kelompok . Adapun objek penelitian penulis yaitu mengkaji konflik sosial yang ada dalam kitab "Al-arwah al-Mutamarridah"karya Gibran Khalil Gibran. Kitab Al-arwah aJ-Mutamarridah"merupakan karya .khaJil Gibran yang terbit di New York dan beberapa kota lainnya. Kitab ini mencenninkan tentang pemberontakan khalil Gibran terhadap sekelilingnya baik dari aspek keagamaan maupun kondisi sosial yang ada dimasyarakat. Sebagaimana diketahui bahwa satra merupakan implementasi dari kehidupan nyata seorang pengarang. Apa yang ada dalam sebuah karya mencerminkan kebidupan pengarang dan kondisi pada saat itu. DaJam peneHtian ini ada tiga pennasalahan yang menjadi fokus penulis yaitu pengertian konflik, bentuk konflik, makna konflik yang ada dalam kitab tersebut. Untuk menjawab persoalan ini, penulis menggunakan metode deskriptif analisis, yaitu menukil beberapa sumber yang memuat pendapat-pendapat para pakar yang terkait dengan tema, serta pada sisi yang berbeda bersikap kritis terhadap pendapat-pendapat itu dengan beberapa kesimpulan dengan pola induksi. Setelah melalui kajian yang intensif, penulis dapat menyimpulkan. Salah satu kondisi sosial yang ada dalam kitab tersebut yaitu konflik antar tokoh yang digambarkan dalam masing-masing kisah yang ada dalam kitab tersebut. Konflik merupakan hubungan atau interaksi sosiaJ antara individu dengan individu, individu dengan kelompok, kelompok dengan kelompok yang disebabkan adanya ketidak

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Tauhid, Tauhid--A01207036
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZaidun, Achmadachmadzaidun@uinsby.ac.id2009065801
Subjects: Kesusastraan > Kesusastraan Arab
Keywords: Konfllk Sosial; kitab Al Arwah al Mutamarridah; Gibran Khalil Gibran; Sosiologi Sastra
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Mar 2020 04:31
Last Modified: 02 Mar 2020 04:31
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39237

Actions (login required)

View Item View Item