Strategi penanaman nilai-nilai keagamaan dalam kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik di SDN Ngagel 1/ 394 dan SDN Sawunggaling VII / 388 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sumardliyah, Siti (2019) Strategi penanaman nilai-nilai keagamaan dalam kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan untuk meningkatkan kedisiplinan peserta didik di SDN Ngagel 1/ 394 dan SDN Sawunggaling VII / 388 Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Siti Sumardliyah_F12317314.pdf

Download (2MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39239

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) kediplinan siswa dalam mengikuti kegiatan ekstrakulikuler pramuka di SDN Ngagel 1/394 dan SDN Sawunggaling VII/388 Surabaya yang mencakup nilai-nilai keagamaan yang ditanamkan melalui ekstrakurikuler kepramukaan; 2) efektifitas kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan di SDN Ngagel 1/394 dan SDN Sawunggaling VII/388 Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode penelitian kualitatif. Subyek penelitian meliputi waka kesiswaan, pembina pramuka, dan dewan ambalan. Teknik pengumpulan data melalui wawancara,observasi dan teknik. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kualitatif model bagdan dan bilken serta incoh dan guba. Hasil penelitian diperoleh sebagai berikut. (1) Nilai-nilai keagamaan yang dalam kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan di SDN Ngagel 1/394 dan SDN Sawunggaling VII /388, didasarkan pada Trisatya dan Dasadarma pramuka siaga dan peanggalang. Selain itu, metode kepramukaan yang telah dilaksanan yaitu metode di alam terbuka yang mencakup penerapan nilai-nilai keagamaan. (2) Efektifitas kegiatan kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan dalam menanamkan nilai-nilai keagamaan di SDN Ngagel 1/ 394 dan SDN Sawunggaling VII/ 388 Surabaya dapat dinyatakan efektif. Hal ini tersebut diperoleh dari hasil ukuran efektif yakni, (a) Ketetapan sasaran program mengacu pada pada tujuan program kegiatan. Secara keseluruan kegiatan ekstrakurikuler kepramukaan di SDN Ngagel 1/ 394 dan SDN Sawunggaling VII/ 388 Surabaya suda menerapkan nilai-nilai keagamaan yang terterah pada tujuan pramuka, prinsip dasar dan metode kepramukaan, serta pengamalan Trisatya dan dasadarma dalam setiap kegiatannya. (b) Pelaksanaan program di SDN Ngagel 1/ 394 dan SDN Sawunggaling VII/ 388 Surabaya setiap hari sabtu pukul 07.00-09.30. Salah satu metode kepramukaan yang telah digunakan dalam pendidikan kepramukaan yakni, metode kegiatan alam terbuka. (c) Kegiatan pemantauan pelaksanaan program secara rutin pada saat kegiatan berlangsung, oleh Waka kesiswaan, Pembina pramuka, serta Dewan Ambalan. Proses pemantauan meliputi : Daftar hadir, persiapan kegiatan, pembagian tugas, persiapan siswa atau anggota, serta pengawasan. Pemantauan perkembangan siswa dapat dilihat dari hasil evaluasi dan sikap siswa kearah yang lebih positif.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sumardliyah, Sitisitisumardliyah@gmail.comF12317314
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTolchah, Moch.mochtolchah@yahoo.com2005035301
Subjects: Pendidikan > Ekstrakurikuler
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Strategi penanaman nilai-nilai keagaman; Kegiatan pramuka; kedisiplinan
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 02 Mar 2020 08:23
Last Modified: 02 Mar 2020 08:23
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39239

Actions (login required)

View Item View Item