Implementasi strategi pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam: studi kasus di SD Bahari Muhammadiyah 9 Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Abdillah, Shofi (2010) Implementasi strategi pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam: studi kasus di SD Bahari Muhammadiyah 9 Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Shofi Abdillah_D31206010.pdf

Download (18MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39243

Abstract

Skripsi ini berisi penelitian tentang "Implementasi Strategi Pembelajaran Kontekstual Dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam: Studi Kasus Di SD Bahari Muhammadiyah 9 Surabaya" adapun rumusan masalah skripsi ini adalah: (1) Bagaimana proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Bahari Muhammadiyah 9 Surabaya? (2) Bagaimanakah Implementasi Strategi Pembelajaran Kontekstual Dalam Pembelajaran Pendid ikan Agama Islam di SD Bahari Muhammadiyah 9 Surabaya? Dalam penelitian skripsi ini, peneliti menggunakan pendekatan penelitian kualitatif yang diarahkan untuk memahami secara mendalam arti tindakan-tindakan serta fenomena yang ada dilapangan sehingga diharapkan temuan-temuan empiris tersebut dapat di deskripsikan secara lebih rinci atau utuh, lebih jelas, dan lebih akurat, terutama berbagai hal yang berkaitan dengan implikasi strategi pembelajaran kontekstual dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD Bahari Muhammadiyah 9 Surabaya. Sementara jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan deskriptif, yang diharapkan dapat membantu peneliti dalam pengamatan, merasakan atau menghayati fenomena di lapangan serta membantu peneliti untuk merumuskan hasil penelitian. Dalam kegiatan pembelajaran di SD Bahari Muhammadiyah 9 Surabaya, pembelajaran PAI dalam proses pelaksanaanya selalu d i kaitkan dengan kondisi lingkungan sekolah dan siswa dalam hal ini yakni tentang kebaharian. SD Bahari Muhammadiyah 9 Surabaya mengembangkan KTSP berpedoman pada standar kompetensi lulusan dan standar isi serta panduan penyusunan kurikulum yang dibuat oleh BSNP. Dikembangkan yakni memadukan tiga kurikulum yaitu KTSP, kurikulum kemuhammad iyahan dan kebaharian. Hal ini telah sejalan dengan Undang­ Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pend idikan Nasional pasal 36: Ayat (2), Kurikulum pada semua jenjang dan jenis pendidikan dikembangkan dengan prinsip diversifikasi sesuai dengan satuan pendidikan, potensi daerah dan peserta didik. Penulis menilai pengembangan kurikulum yang dilakukan oleh SD Bahari Muhammadiyah 9 Surabaya tidak keluar dari teori CTL Contexstual Teaching and Learning dilihat dari penerapan kurikulum kebaharian yang dalam implementasinya memberikan sinya yang kuat dalam penggunaan strategi pembelajaran kontekstual.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Abdillah, Shofi--D31206010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinsyaifuddin_mr@yahoo.co.id2029116901
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Strategi belajar; pembelajaran kontekstual; pembelajaran Pendidikan Agama Islam
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Mar 2020 02:50
Last Modified: 03 Mar 2020 02:50
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39243

Actions (login required)

View Item View Item