Korelasi kecerdasan emosional dengan efektifitas pembelajaran guru di Sekolah Menengah Pertama Al Kamal Modopuro Mojosari Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Harmoko, Ahkmad (2010) Korelasi kecerdasan emosional dengan efektifitas pembelajaran guru di Sekolah Menengah Pertama Al Kamal Modopuro Mojosari Mojokerto. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Ahkmad Harmoko_D03302044.pdf

Download (10MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39249

Abstract

Secara umum kecerdasan emosional merupakan kemampuan Kemampuan untuk mengenali perasaan kita sendiri dan perasaan orang lain, kemampuan memotivasi diri sendiri, dan kemampuan mengelola emosi dengan baik pada diri sendiri dan dalam hubungan dengan orang lain. Potensi kecerdasan ini disinyalir lebih penting dalam dunia kerja dari pada kecerdasan intelektual. Maka penulis berniat ingin membawa tema ini dalam dunia pendidikan pada masalah pembelajaran guru. Penelitian ini dilakukan dengan mengidentifikasi dan mentabulasi variabel ­ varibel yang diduga berhubungan dengan kecerdasan emosional maupun efektifitas pembelajaran guru dalam sebentuk pertanyaan (questioner) yang disebarkan kepada guru. Masalah yang menjadi fokus penelitian ini adalah : 1) Bagaimana kecerdasan emosional di Sekolah Menengah Pertama Al-Kamal Modopuro Mojosari Mojokerto? 2) Bagaimana efektifitas pembelajaran guru Sekolah Menengah Pertama Al-Kamal Modopuro Mojosari Mojokerto? Dan 3) Adakah Korelasi Antara Kecerdasan Emosional Dengan Efektifitas pembelajaran Guru di Sekolah Menengah Pertama Al-Kamal Modopuro Mojosari Mojokerto? penelitian ini ditujukan untuk mengetahui 1) kecerdasan emosional di Sekolah Menengah Pertama Al-Kamal Modopuro Mojosari Mojokerto. 2) efektifitas pembelajaran guru Sekolah Menengah Pertarna Al-Kamal Modopuro Mojosari Mojokerto. 3) Adakah Korelasi Antara Kecerdasan Emosional Dengan Efektifitas pembelajaran Guru di Sekolah Menengah Pertama Al-Kamal Modopuro Mojosari Mojokerto? Sampel yang diambil sebanyak 12 Guru, Data dikumpulkan dengan metode kuesioner. Analisis data menggunakan Spearman Range yang sebelumnya dilakukan uji validitas dan realibitas data. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa l ) kecerdasan emosional Sekolah Menengah Pertama Al-Kamal Mojosari diperoleh nilai rata-rata sebesar 119,9 yang terkategorikan sedang (cukup baik). 2) basil mengenai basil efektifitas pembelajaran guru di Sekolah Menengah Pertama Al-Kamal Mojosari, diperoleh nilai rata-rata 116,8 atau terkategori tinggifbagus. 3) Setelah menganalisa data melalui beberapa uji, meliputi uji validitas, uji reliabilitas, dana analisa, diperoleh ada korelasi signifikansi atau keterkaitan antara kecerdasan emosional dengan efektifitas pembelajaran guru di Sekolah Menengah Pertama Al-Kamal Mojosarisebesar 0.98 (sangat kuat).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Harmoko, Ahkmad--D03302044
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAW, Liliek Channalilikchanna@gmail.com2018126701
Subjects: Kecerdasan
Keywords: Kecerdasan emosional; pembelajaran guru
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 03 Mar 2020 08:58
Last Modified: 03 Mar 2020 08:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39249

Actions (login required)

View Item View Item