Analisis karakteristik dosen ideal menurut mahasiswa di Fakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Dzulkifli, Dzulkifli (2010) Analisis karakteristik dosen ideal menurut mahasiswa di Fakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel Surabaya. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dzulkifli_B07206059.pdf

Download (25MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39256

Abstract

Rumusan masalah yang dikaji dalam ini adalah bagaimana kriteria kara.kteristik dosen ideal menurut mahasiswa? Adapun tujuan pada penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan kriteria karakteristik dosen ideal menurut mahasiswa di Fakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel Surabaya. Karakter dosen ideal yang digunakan ada sepuluh karakter yaitu gaya mengajar yang merangsang belajar, kemampuan untuk berkomunikasi secara jelas, menguasai materi kuliah yang dipegangnya, siap dan terorganisir, memiliki antusiasme yang dinamis, memiliki kepedulian pribadi terhadap mahasiswa, ketrampilan berinteraksi, fleksibilitas, kreativitas, keterbukaan, memiliki kepribadian yang kuat, dan komitmen. Dalam penelitian ini metode yang digunakan kuantitatif dengan pendekatan diskriptif. Sampel pada penelitian ini di ambil dengan metode nonprobability sampling yang proposional sampling pada mahasiswa masing­ masing Jurusan/Prodi diFakultas Dakwah IAIN Sunan Ampel Surabaya sebanyak 171 dari 1706 mahasiswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan angket diminta untuk mengurutkan rangking pada sepuluh karakter yang dianggap paling ideal. Analisis data untuk menggambarkan kriteria karakter dengan menggunakan statistik diskriptif untuk mendapatkan prosentase terhadap karakter dengan bantuan program SPSS. Yang termasuk dalam analisis statistik deskriptif adalah Seluruh rnahasiswa yang rnenjadi sample, Mabasiswa dari per jurusan atau program studi, Angkatan/Semester, Jenis kelamin mahasiswa, asal sekolah mahasiswa. Hasil penelitian dari analisis maka didapatkan banyaknya responden merangking 10 karakter yang dilihat dari Seluruh mahasiswa yang menjadi sample, Per jurusan atau program studi, Per semester, Jenis kelamin mahasiswa, asal sekolah mahasiswa Sedangkan kesimpulan yang didapatkan yaitu urutan rangking pada 10 karakter yang dilihat dari seluruh mahasiswa yang menjadi sample, Per jurusan atau program studi, Per semester, Jenis kelamin mahasiswa, asal sekolah mahasiswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Dzulkifli, Dzulkifli--B07206059
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRahayu, Siti. Azizah--2007105501
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Keywords: Karakter dosen; dosen ideal
Divisions: Fakultas Dakwah dan Komunikasi > Psikologi
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 04 Mar 2020 05:10
Last Modified: 04 Mar 2020 05:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39256

Actions (login required)

View Item View Item