Strategi pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi perpustakaan: studi analisis persepsi pemustaka tentang efektifitas pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi layanan Perpustakaan UIN Sunan Ampel

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Supriyatno, Hary (2019) Strategi pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi perpustakaan: studi analisis persepsi pemustaka tentang efektifitas pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi layanan Perpustakaan UIN Sunan Ampel. Indonesia Journal of Academic Librarianship, 3 (3). pp. 33-45. ISSN 2597-9957

[img] Text
Hary Supriyatno_Strategi pemanfaatan media sosial sebagai sarana promosi perpustakaan di Perpustakaan UIN Sunan Ampel.pdf

Download (870kB)
Official URL: http://journals.apptisjatim.org/index.php/ijal/art...

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui media sosial apa saja dan stategi yang digunakan Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya dalam upaya penyebaran promosi layanan. Sekaligus mengetahui persepsi mahasiswa tentang efektifitas pemanfaatan media sosial sebagai sarana penyebaran promosi layanan di Perpustakaan UIN Sunan Ampel. Pemanfaatan media sosial dalam promosi jasa, layanan, dan produk perpustakaan bisa dikatakan sangat efektif dan efisien. Hal ini dikarenakan media online dengan kemudahan akses dimananpun dan kapanpun sangat digemari oleh generasi muda. Informasi dan promosi yang diberikan melalui media online/sosial akan dengan segera tersampaikan kepada pengguna sekaligus memberikan respon dalam waktu yang bersamaan. Fitur berupa like atau komentar inilah yag membuat media sosial menjadi lebih atraktif dan disukai oleh pengguna (friend/follower). Follower bisa memberikan saran, tanggapan, usulan bahkan konsultasi kepustakawanan melalui pesan pribadi. Adapun metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif deskriptif yang pengumpulan datanya menggunakan observasi dan interview kepada akun media sosial dan pengelola akun (Administrator) dan penyebaran kuesioner kepada para follower/friend media sosial. Data yang diperoleh selanjutnya diolah dan dianalisa menggunakan skala linkert dan rumus sederhana p=f/nX100% dan dikonsultasikan kedalam tabel kategori (buruk, sedang, baik, baik sekali). Hasil penelitian berdasarkan hitungan total angket yang disebar kepada seratus pemustaka diperoleh angka 2831 dari kemungkinan total yang bisa diperoleh sebesar 3300. Angka ini seterusnya dimasukkan ke dalam rumus p=2831/3300X100% dan diperoleh hasil sebesar 85.7% yang berarti memiliki kategori baik sekali. Dengan demikian, media sosial baik sekali/efektif sekali digunakan sebagai sarana promosi perpustakaan di Perpustakaan UIN Sunan Ampel Surabaya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmailNIM
Supriyatno, Haryharyperpus@gmail.com197811232009011010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
AuthorSupriyatno, Haryharyperpus@gmail.com197811232009011010
Subjects: Perpustakaan
Keywords: Media Sosial; Promosi Perpustakaan
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Jurnal
Depositing User: Mr. Supriyatno Hary
Date Deposited: 05 Mar 2020 03:47
Last Modified: 05 Mar 2020 03:47
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39265

Actions (login required)

View Item View Item