Pengaruh fungsi membayar zakat terhadap kesejahteraan Muzakki

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Sudoto, Sudoto (2019) Pengaruh fungsi membayar zakat terhadap kesejahteraan Muzakki. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Sudoto_F02415103.pdf

Download (1MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39299

Abstract

Fokus dalam penelitian ini adalah tentang perintah Allah SWT masalah zakat yang terdapat pada surat (9:103). Zakat adalah instrumen dari Allah SWT yang memiliki keistimewaan dalam Islam, karena zakat dapat menyelesaikan masalah umat atas ketimpangan sosial ekonomi antara mustahik dan muzakki, tetapi dalam realitasnya zakat belum nampak sebagai solusi yang signifikan terhadap ketimpangan sosial ekonomi umat. Zakat memiliki beberapa fungsi yaitu: membersihkan(X1), mensucikan(X2) dan dido’akan bagi muzakki(X3) akan menjadikan penentram bagi muzakki(Y), dari ke empat variabel ini yang akan dianalisis uji pengaruhnya dengan metode pendekatan kwantitatif, serta teknik pengumpulan data menggunakan angket dengan skala likert. Kuesioner dari 193 responden adalah muzakki (zakat penghasilan) berstatus ASN di lingkungan Pemprov Jatim. Hasil menunjukkan bahwa: (1) adanya pengaruh positif yang signifikan secara partial dari zakat membersihkan terhadap kesejahteraan muzakki. (2) adanya pengaruh positif yang signifikan secara partial dari zakat mensucikan terhadap kesejahteraan muzakki. (3) adanya pengaruh positif yang signifikan secara partial dari peran do’a untuk muzakki terhadap kesejahteraan muzakki. (4) adanya pengaruh positif yang signifikan secara simultan dari zakat membersihkan, zakat mensucikan dan peran do’a untuk muzakki terhadap kesejahteraan muzakki. (5) peran do’a untuk muzakki merupakan variabel yang sangat dominan mempengaruhi terhadap kesejahteraan muzakki. (6) pernyataan responden “saya merasa setelah berzakat dijauhkan dari ujian kekurangan makan karena gagal usaha” menjadi indikator dominan dalam berzakat. Study ini memberikan bukti empiris bagi para muzakki dalam menunaikan zakat yang dapat membersihkan, mensucikan dan peran do’a amil akan membawa ketentraman atau kesejahteran muzakki, tetapi sebaliknya jika zakat tidak ditunaikan, maka berdampak kerugian sebesar konstantenya (- 0, 462). Sebagaimana dalam firman Allah (QS: 103: 1-3), sungguh manusia berada dalam kerugian kecuali orang yang beriman dan beramal sholeh.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Sudoto, Sudotosudoto27@gmail.comF02415103
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSubgayo, Djoko----
Subjects: Zakat
Keywords: Zakat; Membersih; Mensucikan; Do’a Amil; Muzakki; Ketentraman
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Mar 2020 01:58
Last Modified: 10 Mar 2020 01:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39299

Actions (login required)

View Item View Item