مساهمة ابن مقلة في تطوير الخط العربي في العصر العباسي

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Arifin, Arifin (2011) مساهمة ابن مقلة في تطوير الخط العربي في العصر العباسي. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Arifin_A01207018.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39310

Abstract

Dalam sejarah peradaban islam, seni menulis indah atau dalam literatur Arab disebut kaligrafi Arab merupakan salah satu media yang digunakan oleh orang-orang Arab untuk mengekspresikan imajinasi mereka, baik. berupa ayat-ayat al-Quran, hadits-hadits Nabi maupun teks-teks Arab lainnya. Pada awalnya, mereka menuangkan imajinasi mereka tersebut pada pelepah-pelepah pohon kurma, tembok­ tembok bangunan, kulit-kulit binatang dan lain-lain. Kemudian penemuan kertas di Cina menjadi solusi terbaik untuk memudahkan orang-orang Arab menggoreskan pena mereka. Hingga mencapai puncak perkembangannya pada masa pemerintahan Abbasiyah dengan kemunculan berbagai macam jenis-jenis tulisan kaligrafi Arab yang kita kenal sekarang. Tentunya juga berkat sumbangsih-sumbangsih dari para kaligrafer yang terus bermunculan, yang senantiasa dengan ikhlas mengamalkan ilmu-ilmu mereka demi terciptanya perkembangan seni kaligrafi yang lebih maju lagi. Salah satunya adalah lbnu Muqlah, seorang kaligrafer yang dianggap mempunyai banyak pengaruh serta sumbangsih-sumbangsih terhadap perkembangan dan kemajuan seni kaligrafi Arab pada masa Abbasiyah yang kemudian dilanjutkan oleh para murid atau pengikut-pengilrutnya hingga sampai saat ini. Penulis, dalam skripsinya mengajukan beberapa rumusan masalah (1) siapakah Ibnu Muqlah, (2) apa sumbangsih lbnu Muqlah terhadap perkembangan kaligrafi Arab pada masa Abbasiyah dan (3) bagaimana perkembangan kaligrafi Arab pada masa Abbasiyah. Berkenaan dengan itu, dalam pembahasan ini penulis menggunakan beberapa metode yang meliputi metode pengambilan data secara utuh maupun dengan adanya perubahan kemudian penulis memberi penjelasan-penjelasan dengan metode dan penulis mengambil kesimpulan-kesimpulan serta mengungkapkan data dalam bentuk metode induktif. Dalam pembahasan skripsi ini, penulis membagi dalam beberapa bab, pada bab awal penulis membahas tentang metode-metode dan gambaran singkat pem.bahasan. Kemudian pada bab kedua penulis mengungkap tentang profit Ibnu Muqlah. Pada bab ketiga penulis membahas tentang kaligrafi Arab, berupa definisi, sejarah munculnya dan macam-macam kaligrafi yang terkenal. Pada bab keempat penulis membabas tentang sumbangsih Ibnu Muqlah. Pada bab lima berisi kesimpulan dari pembahasan. Setelah melewati pembahasan yang panjang lebar, akhirnya penulis menyimpulkan bahwa lbnu Muqlah mempunyai sumbangsih-sumbangsih yang sangat berpengaruh terbadap perkembangan kaligrafi Arab dengan menciptakan rumus-rumus tulisan kaligrafi yang dapat dipertanggungjawabkan keabsahannya serta sesuai dengan kaidah kaligrafi yang benar yang meliputi standar titik belah ketupat, standar alif dan standar lingkaran serta kriteria-kriteria bentuk tulisan dan tata Jetak penulisan yang benar, yang belum ditemukan altematif Jain dalam memudahkan kita untuk menulis kaligrafi Arab. Begitu juga dengan enam tulisan besar pada waktu itu, telah mencapai puncak kemapanan dan keindahannya berkat ibnu muqlah beserta murid-muridnya.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Arifin, Arifin--A01207018
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRosyad, Achmad Faizur----
Subjects: Kesenian > Kesenian Islam
Keywords: Menulis indah; literatur Arab; kaligrafi Arab
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 10 Mar 2020 08:22
Last Modified: 10 Mar 2020 08:22
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39310

Actions (login required)

View Item View Item