Pembentukan karakter peserta didik melalui aktivitas keagamaan di SD Islam Insan Mulia Mojokumpul Kemlagi Mojokerto

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Asri, Dian Juli (2019) Pembentukan karakter peserta didik melalui aktivitas keagamaan di SD Islam Insan Mulia Mojokumpul Kemlagi Mojokerto. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dian Juli Asri_F02317070.pdf

Download (3MB)

Abstract

Pembentukan karakter sudah menjadi isu sentral yang hendak dicapai oleh sekolah, keluarga, dan masyarakat. Pembentukan karakter peserta didik tidak dapat dilakukan secara instan, tetapi melalui beberapa tahap yang dirancang secara sistematis dan berkesinambungan. Sehingga sekolah mengembangkan program aktivitas keagamaan untuk mengoptimalkan upaya pembentukan karakter peserta didik. Fokus penelitian ini adalah menjawab rumusan masalah mengenai: 1. Bagaimana aktivitas keagamaan di SD Islam Insan Mulia. 2 Bagaimana pembentukan karakter peserta didik di SD Islam Insan Mulia. 3 Apa faktor pendukung dan penghambat aktivitas keagamaan dalam membentuk karakter peserta didik di SD Islam Insan Mulia. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pembentukan karakter melalui aktivitas keagamaan. Objek penelitian ini adalah SD Islam Insan Mulia Mojokumpul Kemlagi Mojokerto, dengan fokus pada peserta didik kelas 5. Jenis penelitian adalah deskriptif dengan pendekatan field research. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya deskriptif dengan melalui tiga jalur yakni reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah: 1. Aktivitas keagamaan di SD Islam Insan Mulia sudah terkonsep sistematis, diantaranya adalah: sholat dhuha, dzikir dan doa di pagi hari, muraja’ah, membaca al-qur’an, menghafal al-qur’an, sholat dzuhur dan sholat ashar berjama’ah, Islamic corner, sholat jum’at, satu bulan satu hadis, mengucapkan salam dan berjabat tangan kepada guru. 2. Pembentukan karakter peserta didik melalui aktivitas keagamaan ditempuh dengan metode pengajaran, pemotivasian, peneladanan, pembiasaan, dan penegakan aturan. 3. Faktor pendukungnya adalah kemampuan guru, lingkungan sekolah, dan fasilitas yang disediakan sekolah. Faktor penghambatnya adalah lingkungan luar SD Islam Insan Mulia.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Asri, Dian Julidianjuly92@gmail.comF02317070
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMasud, Alialimasud.kholqillah@gmail.com2023016301
Subjects: Akhlak > Akhlak Mulia
Pendidikan Islam > Pendidikan Islam - Metode dan Sistem
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Dian Juli asri
Date Deposited: 13 Mar 2020 09:24
Last Modified: 13 Mar 2020 09:24
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39334

Actions (login required)

View Item View Item