Analisis hukum Islam terhadap penarikan Infaq dalam Qard al Hasan di KSPPS Al Mawaddah Dusun Kalianyar Desa Jogoroto Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rizkia, Miftakhul (2019) Analisis hukum Islam terhadap penarikan Infaq dalam Qard al Hasan di KSPPS Al Mawaddah Dusun Kalianyar Desa Jogoroto Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Miftakhul Rizkia_C02216041.pdf

Download (8MB)

Abstract

Skripsi ini adalah hasil penelitian (field research) yang berjudul "Analisis Hukum Islam Terhadap Penarikan Infaq dalam Qard al-Hasan di KSPPS Al Mawaddah Dusun Kalianyar Desa Jogoroto Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang" dimana penelitian ini digunakan untuk menjawab pertanyaan mengenai bagaimana praktik penarikan Infaq dalam qard al-hasan di KSPPS Al Mawaddah Dusun Kalianyar Desa Jogoroto Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang?. dan bagaimana analisis hukum Islam terhadap penarikan Infaq dalam qard al- hasan di KSPPS Al Mawaddah Dusun Kalianyar Desa Jogoroto Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang?. Data penelitian ini diperoleh melalui wawancara dan dokumentasi bersama pihak yang terkait yaitu pengurus KSPPS Al Mawaddah dan anggota dari KSPPS Al Mawaddah. selanjutnya dianalisis dengan teknik deskriptif analisis dengan menggunakan pola pikir induktif yakni terlebih dahulu menjelaskan tentang praktik penarikan Infaq dalam qard al-hasan kemudian menganalisis dengan menggunakan hukum Islam yang berkaitan dengan praktik penarikan Infaq dalam qard al-hasan. hasil penelitian menyimpulkan bahwa praktik penarikan infaq dalam qard al-hasan di KSPPS Al Mawaddah Dusun Kalianyar Desa Jogoroto Kecamatan Jogoroto Kabupaten Jombang yaitu KSPPS Al Mawaddah menerapkan pembiayaan qard al-hasan dengan cara menambah Infaq disetiap pembayaran angsuran pada anggota. Dimana seharusnya akad qard al-hasan dalam pengembalian pinjaman hanya dikembalikan nominal awal yang dipinjamkan. kemudian Infaq yang telah diperoleh digunakan untuk operasinal koperasi dan menutup pembiayaan dari anggota yang macet dalam pembiayaan dimana seharusnya Infaq dipergunakan untuk dana sosial. Anaisis hukum Islam terhadap praktik penarikan Infaq dalam qard al-hasan yang diterapkan KSPPS Al Mawaddah tidak sesuai ditinjau dari fatwa DSN-MUI no. 19/DSN-MUI/IV/2001 tentang qard dan hukum Islam, Berdasarkan kesimpulan di atas, KSPPS Al Mawaddah disarankan dalam praktik penarikan Infaq dalam qard al-hasan tidak mengharuskan setiap pembayaran angsuran adanya tambahan berupa Infaq. kemudian dalam pengelolaan dan penyaluran Infaq agar disalurkan untuk dana sosial seperti membantu kaum dhuafa tidak hanya untuk operasional koperasi saja agar sesuai dengan prinsip-prinsip yang ada dalam hukum Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rizkia, Miftakhulmiftakhulrizkia8@gmail.comC02216041
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHaq, A. Faishalfaishalhaq50@gmail.com2020055001
Subjects: Bank dan Perbankan Islam
Ekonomi
Hukum
Keywords: Penarikan Infaq; Qard al Hasan; bank Islam
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Ekonomi Syariah
Depositing User: Miftakhul Rizkia
Date Deposited: 25 Mar 2020 15:37
Last Modified: 25 Mar 2020 15:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39335

Actions (login required)

View Item View Item