Pengaruh Audit Tenure, Audit Fee dan ukuran perusahaan klien terhadap kualitas audit

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yakin, Felisia Evieta (2020) Pengaruh Audit Tenure, Audit Fee dan ukuran perusahaan klien terhadap kualitas audit. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Felisia Evieta Yakin_G02216007.pdf

Download (878kB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Pengaruh Audit Tenure, Audit Fee, dan Ukuran Perusahaan Klien Terhadap Kualitas Audit (Studi Kasus pada Perusahaan Manufaktur yang Terdaftar di BEI Tahun 2016-2018) ini merupakan hasil penelitian kuantitatif yang bertujuan untuk menjawab rumusan masalah terkait pengaruh tenure, fee, dan ukuran perusahaan klien terhadap kualitas audit. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif. Teknik penelitian yang digunakan adalah analisis regresi logistik dengan menggunakan software Statistical Package of Social Science v.21. Jumlah sampel dalam penelitian ini adalah sebanyak 159 dari populasi 498 dengan metode purposive sampling di annual report perusahaan manufaktur 2016-2018. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data sekunder dengan pengambilan data secara dokumentasi yaitu peneliti mendapatkan data dari situs Bursa Efek Indonesia (IDX) dan literatur. Hasil penelitian yang diuji melalui uji-t atau parsial menunjukkan bahwa ukuran perusahaan klien berpengaruh positif terhadap kualitas audit dengan signifikansi sebesar 0,070. Pengujian variabel audit tenure dengan nilai signifikansi 0,716 menunjukkan bahwa audit tenure tidak berpengaruh terhadap kualitas audit Pengujian variabel audit fee dengan nilai signifikansi 0,957 tidak berpengaruh terhadap kualitas audit dengan hasil regresi MEET_BE = -23,314 +0,201 TENURE + 0,000 Ln_FEE + 0,923SIZE + e. Peneliti memiliki saran bagi perusahaan, diharapkan agar lebih memperhatikan efektivitas penyajian laporan keuangan sehingga berdampak pada ketepatan para stakeholders dalam pengambilan keputusan. Serta bagi auditor agar dapat mendeteksi dan mengungkapkan adanya salah saji material dalam laporan keuangan sehingga penyajian laporan keuangan sesuai dengan standar yang berlaku dan menggambarkan kondisi financial perusahaan. Bagi peneliti selanjutya agar menggunakan proksi baru untuk variabel-variabel penelitian yang akan datang dan sampel penelitian tidak hanya di perusahaan manufaktur saja sehingga hasil yang diperoleh memiliki ruang lingkup yang lebih luas.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yakin, Felisia Evietafelisiaevieta0@gmail.comG02216007
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorKholis, Nurnurkholis08@gmail.com2011036701
Subjects: Akuntansi
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Felisia Evieta Yakin
Date Deposited: 16 Mar 2020 07:29
Last Modified: 16 Mar 2020 07:29
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39368

Actions (login required)

View Item View Item