Analisis Yuridis peran Lembaga Women and Children's Crisis Centre di Kota Pasuruan terhadap penyelesaian kasus perkara perlindungan perempuan dan anak

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nafisah, Durrotun (2020) Analisis Yuridis peran Lembaga Women and Children's Crisis Centre di Kota Pasuruan terhadap penyelesaian kasus perkara perlindungan perempuan dan anak. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Durrotun Nafisah_C91216147.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini merupakan hasil penelitian lapangan mengenai analisis yuridis terhadap peran lembaga Women and Children’s Crisis Centre di Kota Pasuruan terhadap penyelesaian perkara perlindungan perempuan dan anak. Penelitian ini bertujuan untuk menjawab bagaimana peran dari lembaga Women and Children’s Crisis Centre di Kota Pasuruan terhadap penyelesaian perkara perlindungan perempuan dan anak serta untuk menjawab bagaimana analisis yuridis mengenai peran Women and Children’s Crisis Centre di Kota Pasuruan terhadap penyelesaian perkara perlindungan perempuan dan anak. Data penelitian dihimpun melalui wawancara dan dokumentasi untuk mencari jawaban dari permasalahan yang ada. Kemudian dianalisis dengan metode deskriptif dengan pola pikir induktif yakni melakukan penggambaran dengan hasil penelitian secara sistematis kemudian penulis memberikan jawaban dengan teori yang bersifat umum. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa peran lembaga Women and Children’s Crisis Centre di penyelesaian kasus di Pasuruan dilakukan dalam upaya memberikan fasilitas kepada korban untuk menghadapi kasus yang menimpa korban. Peran lembaga dalam penyelesaian kasus tersebut dibagi menjadi beberapa tahapan yakni tahapan pra penyelesaian kasus, penyelesaian kasus dan pasca penyelesaian kasus. Upaya penyelesaian kasus yang dilakukan oleh lembaga Women and Children’s Crisis Centre di Kota Pasuruan ini telah sesuai dengan apa yang telah diamanatkan oleh Undang-Undang No. 23 Tahun 2004 tentang Penghapusan Kekerasan dalam Rumah Tangga dan Undang-Undang No. 35 Tahun 2014 tentang Perlindungan Anak serta upaya yang dilakukan oleh lembaga Women and Children’s Crisis Centre Kota Pasuruan telah banyak membantu proses penegakan hukum khususnya bagi korban yang merasa trauma dengan apa yang telah dialaminya. Upaya penyelesaian kasus tersebut juga membantu para korban dalam menangani rasa trauma korban terhadap kejadian yang telah menimpa korban. Upaya penyelesaian kasus oleh Women and Children’s Crisis Centre di Kota Pasuruan bekerjasama dengan lembaga lain untuk menangani psikologis korban serta memberikan bantuan hukum kepada korban. Berdasarkan pada kesimpulan di atas, maka penulis dapat memberi saran :Pertama, agar upaya penyelesaian kasus dapat diselesaikan dengan lebih baik, maka selain lembaga perlindungan yang bergerak guna kepentingan perempuan dan anak juga dibutuhkan peran masyarakat dalam melakukan perlindungan terhadap korban mengenai perlindungan perempuan dan anak. kedua, bagi korban kekerasan dalam rumah tangga dan kekerasan seksual disarankan agar mengikuti setiap proses yang dilakukan oleh lembaga perlindungan perempuan dan anak serta korban tidak bungkam dan takut untuk melaporkan kejadian yang telah ia alami.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nafisah, Durrotundziyak@gmail.comC91216147
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorCandrawati, Siti Dalilahdalillahcandra@yahoo.com2020066001
Subjects: Anak
Hukum > Hukum Perdata
Wanita
Keywords: Lembaga Women and Children's Crisis Centre; perlindungan perempuan; perlindungan anak
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Keluarga Islam
Depositing User: Durrotun Nafisah
Date Deposited: 20 Mar 2020 04:37
Last Modified: 20 Mar 2020 04:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39370

Actions (login required)

View Item View Item