Kesesuaian Upah dengan kesejahteraan pekerja perempuan perspektif ekonomi Islam: studi kasus CV Makkarty Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Firdausy, Nikmatul (2020) Kesesuaian Upah dengan kesejahteraan pekerja perempuan perspektif ekonomi Islam: studi kasus CV Makkarty Gresik. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nikmatul Firdausy_G04216061.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Kesesuaian Upah dengan Kesejahteraan Pekerja Perempuan Perspektif Ekonomi Islam (Studi Kasus CV Makkarty Gresik)” bertujuan untuk menjawab permasalahan: bagaimana sistem pengupahan pekerja perempuan yang diterapkan pada CV Makkarty dan bagaimana kesesuaian upah dengan kesejahteraan pekerja perempuan pada CV Makkarty dalam perspektif ekonomi Islam. Dalam penelitian ini metode yang digunakan adalah metode penelitian dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang pengumpulan datanya menggunakan cara wawancara dan dokumentasi dengan pihak-pihak terkait dalam kasus ini yaitu pemilik, administrator, dan para pekerja perempuan CV Makkarty. Selanjutnya data yang diperoleh diolah dengan cara editing, organizing, dan analizing. Hasil penelitian ini menjelaskan bahwa: Sistem pengupahan yang dilakukan CV Makkarty kepada pekerja perempuan adalah menggunakan sistem upah jangka waktu dan sistem upah borongan. Pengupahan pekerja perempuan di CV Makkarty belum sepenuhnya sesuai dengan ekonomi Islam, karena dalam melaksanakan akad penerimaan pekerja tidak menyebutkan besaran upah yang akan diterima pekerja perempuan. Dalam pembayaran upah, CV Makkarty tidak pernah menunda dan selalu tepat waktu. Prinsip keadilan dalam pengupahan dirasakan oleh pekerja perempuan karena upah yang diterima pekerja perempuan sebanding dengan apa yang dikerjakan. Prinsip kelayakan dalam pengupahan dirasakan karena pekerja perempuan telah menyepakati atas upah yang diberikan dan ditandai dengan terpenuhinya kebutuhan pangan dan sandang. Pekerja perempuan juga merasakan kesesuaian upah dengan kesejahteraan jika diukur dengan 3 Indikator kesejahteraan dalam Islam yang disinggung dalam Al-Quran Surah Al-Quraish ayat 3-4 yaitu ketergantungan penuh manusia kepada Tuhan, tercukupinya kebutuhan dasar, dan suasana sekitar yang aman, nyaman, dan tenteram. Berdasarkan hasil penelitian di atas, maka diharapkan agar CV Makkarty dan setiap pelaku usaha lainnya untuk melaksanakan praktik pengupahan yang sesuai dengan ajaran ekonomi Islam sebelum mempekerjakan pekerja dengan lebih memperjelas akad penerimaan pekerja agar nantinya tidak ada pihak yang terzalimi.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Firdausy, Nikmatulnikmatulfirda@gmail.comG04216061
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozali, Muhammad Lathoifmuhammadlathoif@gmail.com2003117501
Subjects: Ekonomi Islam
Upah Minimum
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: NIKMATUL FIRDAUSY
Date Deposited: 18 Mar 2020 06:12
Last Modified: 18 Mar 2020 06:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39384

Actions (login required)

View Item View Item