Penerapan sistem pengupahan pekerja pada usaha penjualan ayam broiler di UD. Barokah Jaya Wonokromo Surabaya dalam prespektif Ekonomi Islam

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fauziyah, Mauliana (2020) Penerapan sistem pengupahan pekerja pada usaha penjualan ayam broiler di UD. Barokah Jaya Wonokromo Surabaya dalam prespektif Ekonomi Islam. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mauliana Fauziyah_G04215021.pdf

Download (1MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Penerapan Sistem Pengupahan Pekerja Pada Usaha Penjualan Ayam Broiler di UD. Barokah Jaya Wonokromo Surabaya dalam Prespektif Ekonomi Islam” ini merupakan hasil penelitian kualitatif yang bertujuan untuk menjawab bagaimana penerapan sistem pengupahan pekerja di UD. Barokah Jaya Wonokromo Surabaya dan bagaimana penerapan sistem pengupahan pekerja di UD. Barokah Jaya Wonokromo Surabaya dalam prespektif Ekonomi Islam. xMetode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara, observasi dan dokumentasi secara langsung kepada narasumber yaitu pemilik dan pekerja di UD. Barokah Jaya Wonokromo Surabaya. Hasil penelitian yang diperoleh adalah sistem pengupahan di UD. Barokah Jaya menggunakan sistem waktu dan sistem senioritas. Sistem waktu, dimana pekerja UD. Barokah Jaya diberikan upah harian, mingguan dan bulanan, akan tetapi mayoritas dari mereka memilih untuk menerima upah harian. Serta sistem senoritas, di mana pekerja yang lama akan mendapat upah lebih besar dibandingkan pekerja baru. Hal ini dilakukan agar pekerja semakin giat dan juga meningkatkan loyalitas pekerja terhadap perusahaan Sistem pengupahan di UD. Barokah Jaya belum sepenuhnya sesuai menurut perspektif Ekonomi Islam. Petama adil, UD. Barokah Jaya telah melakukan adil secara proposional yakni memberikan upah sesuai berat pekerjaannya. Namun, belum maksimal dalam melakukan adil secara transparan karena jumlah upah tidak disebutkan diawal dan tidak ada kontrak yang tertulis atau hitam di atas putih. Kedua adalah layak. Pemberian upah UD. Barokah Jaya ini dinilai belum layak dalam cukup sandang, pangan, papan karena bagi pekerja yang sudah berkeluarga merasa upah yang di dapatkan belum cukup untuk kebutuhan sehari-hari. Namun, pekerja yang masih lajang merasa cukup dengan upah yang diberikan karena hanya digunakan untuk kebutuhan pribadinya. UD. Barokah Jaya telah memberikan upah sesuai dengan pasaran pekerja di perusahaan sejenisnya meskipun belum mencapai UMK Surabaya. Ketiga, pemberian upah sudah diberikan secara konsisten dengan jumlah tetap dan tepat waktu sesuai dengan kesepakatan waktu pengupahan di awal kontrak kerja. Saran peneliti kepada pemilik atau pengelola UD. Barokah Jaya agar kedepannya memberikan transparansi kepada pekerja mengenai jumlah upah yang akan diterimanya ketika awal kontrak sehingga pekerja mengetahui sejak awal berapa upah yang akan diterima atas pekerjaannya. Serta kepada seluruh pekerja UD. Barokah Jaya untuk mempertahankan kinerja yang sudah baik dan meningkatkan jika masih dirasa kurang agar produktifitas yang dihasilkan maksimal dan sesuai dengan upah yang diberikan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fauziyah, Maulianamaulianaf2@gmail.comG04215021
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozali, Muhammad Lathoifmuhammadlathoif@gmail.com2003117501
Subjects: Ekonomi Islam
Upah Minimum
Keywords: Sistem pengupahan; Ekonomi Islam; UD. Barokah Jaya
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Ekonomi Syariah
Depositing User: Mrs Mauliana Fauziyah
Date Deposited: 19 Mar 2020 08:42
Last Modified: 19 Mar 2020 08:42
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39403

Actions (login required)

View Item View Item