Analisis pengendalian internal pada persediaan bahan baku di PT.XYZ Sidoarjo dalam perspektif COSO (Commiittee of Sponsoring Organizations)

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Masaya, Amalia Indy (2020) Analisis pengendalian internal pada persediaan bahan baku di PT.XYZ Sidoarjo dalam perspektif COSO (Commiittee of Sponsoring Organizations). Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Amalia Indy Masaya_ G72216062.pdf

Download (5MB)

Abstract

Skripsi yang berjudul “Analisis Pengendalian Internal Pada Persediaan Bahan Baku Di PT.XYZ Sidoarjo Dalam Perspektif COSO (Committee of Sponsoring Organizations)” ini merupakan penelitian kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui penerapan pengendalian internal pada persediaan bahan baku di PT. XYZ Sidoarjo serta analisis COSO tentang sistem pengendalian internal antara teori dengan praktik yang diterapkan di PT. XYZ Sidoarjo. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi dan wawancara seputar objek yang diteliti dan wawancara dengan manajer personalia, kepala PPIC, kepala gudang bahan baku dan kepala keuangan. Data yang sudah terkumpul kemudian diolah dan dianalisis untuk menjawab pertanyaan pada rumusan masalah. Hasil penelitian yang dilakukan di PT.XYZ Sidoarjo Penerapan pengendalian internal pada persediaan bahan baku di PT. XYZ Sidoarjo dalam penerapan aktivitas pengendaliannya ada lima komponen yang di lakukan yang pertama otorisasi transaksi dan kegiatan yang memadai dalam prakteknya bukti pengeluaran dan penerimaan ditandatangani oleh admin yang terkait. Kedua pemisahan tugas yang diterapkan tidak ada pemisahan fungsi penerimaan, fungsi gudang,fungsi keuangan dan fungsi akuntansi. Ketiga dokumen dalam persediaan perusahaan sudah menerapkan faktur penerimaan barang, surat permintaan bahan baku, surat permintaan pembelian, laporan penerimaan barang, surat daftar pembelian dan kartu gudang. Keempat, dalam segi keamanan sudah terealisasi pemasangan CCTV dan tidak adanya akses sandi yang dapat dibuka oleh siapa saja. Kelima Pengecekan independen terhadap kinerja perusahaan perusahaan di audit oleh auditor independen dalam dua kali setahun. Saran yang dapat disampaikan peneliti untuk PT. XYZ Sidoarjo adalah seharusnya perusahaan menerapkan praktek yang setiap bukti pengeluaran dan penerimaan barang dilaporkan serta ditandatangani oleh kepala fungsi yang terkait, perusahaan juga memisahkan antara fungsi keuangan, fungsi akuntansi, fungsi gudang dan fungsi penerimaan serta adanya kartu persediaan bahan baku dapat digunakan sebagai alat pengendalian persediaan bahan baku karena memuat mutasi bahan yang dimiliki perusahaan secara terus menerus.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Masaya, Amalia Indyindymasayaa@gmail.comG72216062
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorLathifah, Nurulnurullathifah.febiuinsa@gmail.com--
Subjects: Akuntansi
Keywords: Pengendalian internal; bahan baku; PT.XYZ Sidoarjo; COSO
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis Islam > Akuntansi
Depositing User: Amalia Indy Masaya
Date Deposited: 20 Mar 2020 02:12
Last Modified: 20 Mar 2020 02:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39410

Actions (login required)

View Item View Item