Implementasi Metode Talaqqi dalam meningkatkan kualitas hafalan Al Quran siswa: studi komparasi di SD Kyai Ibrahim Surabaya dan Pusat Pembelajaran Ilmu Al Quran Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Riskha, Kiki Rio (2019) Implementasi Metode Talaqqi dalam meningkatkan kualitas hafalan Al Quran siswa: studi komparasi di SD Kyai Ibrahim Surabaya dan Pusat Pembelajaran Ilmu Al Quran Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Kiki Rio Riskha_F12317297.pdf

Download (1MB)

Abstract

Tesis ini membahas tentangImplementasi Metode Talaqqi dalam meningkatkan kualitas hafalan Al Qur’an Siswa (Studi Komparasi di SD Kyai Ibrahim Surabaya dan Pusat Pembelajaran Ilmu Al Qur’an Surabaya). Adapun rumusan masalah pada tesis ini 1) Bagaimana implementasi metode talaqqi dalam meningkatkan kualitas hafalan al-Qur’an siswa SD Kyai Ibrahim Surabaya dan PPIQ Surabaya 2. Bagaimana dampak implementasi metode talaqqi dalam meningkatkan kualitas hafalan al-Qur’an siswa SD Kyai Ibrahim Surabaya dan PPIQ Surabaya 3.Bagaimana problematika implementasi metode talaqqi dalam meningkatkan kualitas hafalan al-Qur’an siswa SD Kyai Ibrahim Surabaya dan PPIQ Surabaya. Penelitian ini merupakan penelitian yang bersifat kualitatif. Sementara itu dilihat, dilihat dari Teknik penyajian data dalam penelitian ini menggunakan metode deskriptip. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teknik pengumpulan data, wawancara dan observasi. Sedangkan Teknik analisis dats yang digunakan adalah Teknik analisis deskrptif kualitatif. Pelaksanaan pembelajaran tahfiz dengan metode talaqqi di SD Kyai Ibrahim Surabaya terdiri dari tiga tahap yaitu persiapan pembelajaran, kegiatan pembelajaran, dan evaluasi. Pertama persiapan pembelajaran yaitu dengan menyiapkan materi yang akan disampaikan dari buku panduan yang sudah disediakan. Selain itu, menyediakan sarana prasarana yang dibutuhkan, mengkondisikan santri, membimbing santri untuk berdoa sebelum proses pembelajaran berlangsung. Kedua kegiatan pembelajaran, yang terbagi menjadi lima tahap yaitu a. setoran hafalan harian, b. talaqqi hafalan baru. Ketiga evaluasi, yaitu evaluasi harian yaitu penilaian yang dilakukan setiap 1 minggu sekali. Pelaksanaan pembelajaran tahfiz dengan metode talaqqi di Pusat Pembelajaran Ilmu al-Qur’an Surabaya terdiri dari: 1) ustazah membaca ayat yang akan dihafal, 2) ustazah meminta santri untuk membacanya, 3) ustazah meminta santri untuk mendengarkan dan memperhatikan ayat yang dicontohkan oleh ustazah, 4) ustazah meminta santri untuk menirukan sesuai yang telah dicontohkan ustazah, 5) ustazah meminta santri untuk mengulangi hafalan ayat yang dicontohkan secara bersama-sama, 6) ustazah meminta santri untuk menyetorkan hafalan. Dampak Implementasi Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan al-Qur’an Siswa SD Kyai Ibrahim Surabaya. Memudahkan guru untuk mengenali kepribadian siswa, memudahkan guru untuk mengontrol kelancaran hafalan al-Qur’an dan bacaan tajwid siswa.Dampak Implementasi Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan al-Qur’an Siswa Pusat Pembelajaran Ilmu al-Qur’an Surabaya. Guru dapat mengukur karakteristik dan daya ingatan masing-masing siswa, Guru dapat menguji hafalan masing-masing siswa secara sendiri-sendiri. Problematika Implemetasi Metode Talaqqi Dalam Meningkatkan Kualitas Hafalan al-Qur’an Siswa SD Kyai Ibrahim Surabaya. Siswa kesulitan dalam mengatur waktu, karena santri punya kewajiban yaitu sekolah dan menghafal, Kurang menyadari manfaat metode talaqqi dalam menghafal al-Qur’an, terutama dalam kegiatan belajarkelompok yang semestinya siswa mengulangi kembalihafalannya berkelompok, tetapi dalam kenyataannya siswa lebih suka mengulangi hafalannya sendiri-sendiri, Siswa kurang istiqomah dalam mentalaqqi hafalan yang telah dihafal. Biasanya ini terpengaruh oleh teman-teman yang tidak menghafal al-Qur’an untuk mengadakan aktifitas yang tidak ada kaitannya dengan kegiatan menghafal al-Qur’an, sehingga banyak waktu yang terbuang.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Riskha, Kiki Riokikirio999@gmail.comF12317297
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorJazil, Saifuljazilubna@gmail.com196912121993031003
Subjects: Metode Pembelajaran
Al Qur'an
Keywords: Metode Talaqqi; Hafalan Al Quran siswa
Divisions: Program Magister > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: riskha kiki rio
Date Deposited: 20 Mar 2020 03:53
Last Modified: 20 Mar 2020 03:53
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39418

Actions (login required)

View Item View Item