Analisis pengembangan sumber daya manusia dalam perspektif syariah di BPRS Sarana Prima Mandiri Bangkalan

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Maghfiroh, Anisatul (2020) Analisis pengembangan sumber daya manusia dalam perspektif syariah di BPRS Sarana Prima Mandiri Bangkalan. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Anisatul Maghfiroh_F02418138.pdf

Download (3MB)

Abstract

Tesis yang berjudul Analisis Pengembangan Sumber Daya Manusia dalam Perspektif Syariah Di BPRS Sarana Prima Mandiri Bangkalan, menjawab persoalan bagaimana pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah SPM Bangkalan, dan bagaimana perspektif syariah mengenai pengembangan Sumber Daya Manusia (SDM) di Bank Pembiayaan Rakyat Syariah SPM Bangkalan. Penelitian ini dilaksanakan di BPRS Sarana Prima Mandiri Bangkalan. Subjek penelitian adalah kepala, kasi, staf dan karyawan yang terlibat dalam pengembangan sumber daya manusia. Penelitian ini menggunakan pendekatan fenomenologi. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis datanya menggunakan deskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pengembangan Sumber Daya Manusia BPRS Sarana Prima Mandiri Cabang Bangkalan berupa pelatihan yang diikuti oleh karyawan untuk mencapai suatu standart, baik dalam keterampilan, dalam pengetahuan maupun dalam tingkah laku, namun tidak dengan syariah competence. Pengembangan Sumber Daya Manusia di BPRS Sarana Prima Mandiri Cabang Bangkalan tidak sesuai dengan syariah dikarenakan pengembangan SDM tersebut hanya berupa pelatihan tentang keterampilan/kemampuan pekerjaan, dan tingkah laku. Adapun saran dan rekomendasi yang diberikan sehubungan dengan hasil penelitian ini adalah sebagai masyarakat muslim yang ada di PT BPRS Sarana Prima Mandiri seharusnya menerapkan tentang konsep manajemen training syariah sehingga SDM yang dimiliki berkualitas baik dalam segi hard skill, soft skill dan syariah skill dan segala aktivitas yang dilakukan tidak menjadi pekerjaan yang sia-sia. Hendaknya lebih meneliti serta mencari informasi tambahan tentang pentingnya konsep manajemen training syariah kepada tokoh agama yang lebih mengerti. Hal tersebut bisa termasuk salah satu menjadikan karyawan sebagai muslim yang taat, praktisi ekonomi syariah yang berkualitas dalam semua aspek baik hard skill, soft skill, dan syariah skill, serta mengurangi penerapan manajemen training konvensional. Untuk masyarakat luas yang mayoritas beragama Islam, supaya lebih meningkatkan pengetahuan agama secara intensif, dilanjutkan dengan hukum bisnis syariah, dimana sebagai umat muslim dianjurkan untuk berpedoman pada al-Qur’an dan hadits, sehingga pekerjaan apapun yang dilakukan dapat menjadi ibadah yang bernilai abadi sebagai bekal menuju akhirat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Maghfiroh, Anisatulanisatulmaghfiroh125@gmail.comF02418138
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorAhrori, SyaifulUNSPECIFIED2025095501
UNSPECIFIEDMustofa, Mustofamustofatok@gmail.com2030107702
Subjects: Bank Islam
Pendidikan > Sumber Daya Manusia
Dakwah > Pengembangan Masyarakat
Keywords: Pengembangan Sumber Daya Manusia: Syariah: BPRS.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Anisatul Maghfiroh
Date Deposited: 19 May 2020 04:26
Last Modified: 19 May 2020 04:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39494

Actions (login required)

View Item View Item