Mujahadah dan Kecerdasan Spiritual: Fenomena Mujahadah Santri Pondok Pesantren Nurul Huda Sragen Jawa Tengah

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Rohman, Habibur (2020) Mujahadah dan Kecerdasan Spiritual: Fenomena Mujahadah Santri Pondok Pesantren Nurul Huda Sragen Jawa Tengah. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Habibur Rohman_E97215024.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kegiatan mujahadah di pondok pesantren Nurul Huda sudah ada semenjak pertama kali didirikan pada tanggal 18 Desember 1989. Kegiatan ini didalamnya mengandung bacaan zikir yang dibaca oleh santri setiap harinya. Mujahadah yang dilakukan santri pondok pesantren Nurul Huda setiap hari sebelum shalat shubuh, setelah shalat magrib ketika waktu tertentu saja, malam jum’at pahing dan malam ahad legi. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan penelitian kualitatif, dengan cara mengumpulkan data-data hasil waancara, observasi dan dokumentasi. Sedangkan metode analisis data menggunakan tiga tahap, yaitu tahap reduksi data, display data dan verivikasi data, selain itu peneliti juga menggunakan buku Power vs Force: Faktor Terselubung Penentu Perilaku Manusia, ditulis oleh David R Hawkins untuk mengetauhi level kesadaran santri yang melakukan kegiatan mujahadah. Kegiatan mujahadah memberikan efek terhadap santri baru mapun santri lama pondok pesantren Nurul Huda. Untuk santri baru mereka bisa memiliki visi untuk tujuan hidup kedepannya, kemudian untuk santri lama mereka bisa merasakan kehadiran Allah dalam dirinya, selalu berzikir kepada Alla>h setiap waktu, memiliki kualitas sabar dalam menjalani kehidupannya, cenderung berbuat kebaikan, memiliki komitmen dan bertindak penuh tanggung jawab. Kemudian level kesadaran santri baru berada pada level energi 500: cinta dan untuk santri lama berada pada level energi 540: kebahagiaan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Rohman, Habiburhabiburrohman1998@gmail.comE97215024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorGhozi, Ghozighozi.ichsan@gmail.com2019107701
Subjects: Doa dan Zikir
Santri
Keywords: Mujahadah; Kecerdasan Spiritual; Santri
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Habibur Rohman
Date Deposited: 27 Mar 2020 06:38
Last Modified: 14 Apr 2020 08:10
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39535

Actions (login required)

View Item View Item