Konsep Dhikr al-mawt dalam Perspektif Eskatologi al-Ghazali

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fakhiroh, Nailah Zubdiyyatil (2020) Konsep Dhikr al-mawt dalam Perspektif Eskatologi al-Ghazali. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nailah Zubdiyyatil Fakhir_E97216029.pdf

Download (2MB)

Abstract

Skripsi ini mengkaji tentang konsep dhikr al-mawt dalam perspektif eskatologi al-Ghazali. Bahasan dari kajian ini adalah termasuk problem manusia dalam mengingat kematian, yang tersusun dari perumusan masalah. Pertama bagaimana dhikr al-mawt menurut para sufi, kedua bagaimana konsep dhikr al-mawt dalam pemikiran eskatologi al-Ghazali. Untuk mengatasi problem tersebut, maka dalam riset ini akan mendeskripsikan bagaimana al-Ghazali dalam konsep dhikr al-mawt-nya ini bisa meminimalisirkan dan meluluhkan hati maupun jiwa seseorang yang masih hidup dan lupa akan kematian. Penelitian ini menggunakan jenis pendekatan kualitatif-deskriptif berdasarkan kajian pustaka (Library Research) serta menggunakan teknik pengumpulan data dokumentasi, yakni dengan cara memperoleh bukti data yang tersurat berkenaan dengan masalah yang diangkat. Sedangkan analisis sumber data menggunakan metode analisis-deskriptif, yakni dengan cara mendeskripsikan secara jelas terkait problema yang diangkat. Manfaat dan hasil yang dapat diperoleh pada riset ini yakni, sebuah akhlak atau sikap manusia dalam menghadapi kematian, dan dengan konsep dhikr al-mawt ini juga dapat dijadikan sebagai suatu trobosan dalam mengatasi kecemasan dan psikologis seseorang dalam menghadapi kematian. Sebagai adanya ide dhikr al-mawt ini agar dapat mengetahui inti efektivitas penelitian, maka dalam pemaparan tentang mengingat kematian, penulis akan menyuguhkan sebuah metode bagaimana sikap hamba Allah dalam mengatasi persiapan menghadapi kematian, dengan cara menghadirkan sebuah psikologi kematian dan berbagai sikap menghadapi kematian yang diangkat langsung dari kitab Ihya’ Ulumuddin karangan tokoh sufi fenomenal Imam al-Ghazali.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fakhiroh, Nailah Zubdiyyatilnailahfakhiroh@gmail.comE97216024
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorMuktafi, Muktafimuktafi.sahal@yahoo.co.id2013086001
Thesis advisorGhozi, Ghozighozi.ichsan@gmail.com2019107701
Subjects: Kematian
Tasawuf
Keywords: Dhikr al-mawt; Eskatologi; al-Ghazali.
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Nailah Zubdiyyatil Fakhiroh
Date Deposited: 28 Mar 2020 10:18
Last Modified: 31 Mar 2020 08:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39553

Actions (login required)

View Item View Item