Dari ibadah ke kepentingan ekonomi: studi kepustakaan atas trend sholat dhuha sebagai solusi problem ekonomi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yuliani, Eka (2020) Dari ibadah ke kepentingan ekonomi: studi kepustakaan atas trend sholat dhuha sebagai solusi problem ekonomi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Eka Yuliani_E97216017.pdf

Download (2MB)

Abstract

Kajian ini lahir dari maraknya fenomena gerakan shalat dhuha, baik di sekolah maupun di tempat-tempat kerja. Shalat dhuha merupakan salah satu ibadah shalat sunnah dalam Islam. salah satu dari faedah shalat dhuha adalah untuk meningkatkan kesejahteraan ekonomi bagi pelakunya. Dari sini, gerakan shalat dhuha mulai bergeser maknanya di tengah kehidupan modern, dimana ekonomi menjadi faktor dominan, agama tidak jarang tunduk di bawah kepentingan ekonomi. Dalam konteks ini, shalat dhuha mulai bergeser maknanya. Shalat dhuha tidak lagi dimaknai sebagai ibadah, tapi semata-mata sebagai sarana pemenuhan kepentingan ekonomi manusia modern. Agama di era modern berpengaruh dalam kehidupan manusia dan seolah-olah manusia di era modern hanya mengukur dari materi dan mengesampingkan spiritual. Agama dan ekonomi tidak dapat di pisahkan karena agama sangat penting dalam kehidupan manusia untuk sarana mendekatkan diri kepada Allah, sedangkan ekonomi untuk mengoptimalkan sumber daya kebutuhan manusia dan melestarikan pengelolaan ekonomi, tanpa agama manusia tidak dapat mengenal Tuhan-Nya. Kehidupan manusia yang telah terpengaruh di era modern mengalami krisis wibawa dengan di picu oleh pengetahuan dan teknologi pada era modern. Gerakan shalat dhuha di era modern dari ibadah ke kepentingan ekonomi dengan trend ibadah shalat dhuha di era modern berimplikasi pada ekonomi dan terdapat pergeseran makna khusyuk menjadi kepentingan sosial ekonomi, yang pada umumnya manusia terfokus hanya pada kebahagiaan sebagai tujuan utama karena bagi manusia ketika semua keinginan dan kebutuahn terpenuhi maka manusia inilah yang dinamakan kehidupan sejati. Agama di era modern yang semakin berkurang bahkan hampir terkikis oleh pengetahuan dan teknologi di era modern pada masa sekarang lalu muncullah pergeseran makna shalat dhuha dari ibadah ke kepentingan ekonomi, salah-satu solusi problem ekonomi di era modern dengan melaksanakan shalat dhuha dan seharusnya niat yang di tanam di dalam shalat dhuha dengan nilai-nilai keagamaan yang bersifat pasrah, bersyukur, do’a dan ikhtiar.

Kata kunci: Kepentingan Ekonomi, Trend Shalat Dhuha, Solusi Problem Ekonomi

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yuliani, Ekaekayuliani052@gmail.comE97216017
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamdi, Ahmad Zainulahmadinung@uinsby.ac.id2018057203
Thesis advisorGhozi, Ghozighozi.ichsan@gmail.com2019107701
Subjects: Ekonomi Islam
Ibadah
Salat
Keywords: Ibadah; Ekonomi; Sholat Dhuha
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tasawuf dan Psikoterapi
Depositing User: Eka Yuliani
Date Deposited: 28 Mar 2020 10:42
Last Modified: 29 Mar 2020 11:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39555

Actions (login required)

View Item View Item