Perjuangan Cendekiawan Muslim di Indonesia

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Anshori, Isa (1992) Perjuangan Cendekiawan Muslim di Indonesia. Mimbar Pembangunan Agama (67). pp. 66-68. ISSN 0215-3289

[img] Text
Isa Anshori_MPA 1992, Perjuangan Cendekiawan Muslim di Indonesia.pdf

Download (2MB)

Abstract

Perjuangan Cendekiawan Muslim di Indonesia telah terjadi seiring dengan masuknya Islam ke tanah air hingga sekarang. Di negeri inilah mereka hadir memperjuangkan Islam melalui berbagai pendekatan dan strategi perjuangan, sesuai dengan kemampuan dan situasi masyarakat yang dihadapi. Hasilnya bisa menjadikan Indonesia merdeka dengan ummat Islam manyoritas. Namun sejak kemerdekaan hingga sekarang, keberhasilan kiprahnya mengalami pasang surut, seiring dengan perkembangan perpolitikan nasional. Adanya heteroginitas kualitas dan latarbelakang kehidupan, belum lagi segi-segi lainnya, seperti kepentingan, pada aspek-aspek tertentu juga menghambat perjuangan Islam. Disamping setiap manusia memiliki naluri dan potensi berbeda, secara organisatoris umat Islam belum memiliki wahana yang dapat menjamin tersalurnya aspirasi dan aktivitas seluruh Cendekiawan Muslim kedalam perjuangan Islam yang padu. Akibatnya berbagai persoalan ummat yang vital, misalnya kemiskinan, ketidak adilan, penindasan, pengekangan pengamalan islam, dan penurunan kualitas ummat yang mestinya menjadi garapan utama yang harus diselesikan, malah terbengkelai. Untuk itu penyatuan para Cendekiawan Muslim dalam satu wadah perjuangan menjadi sangat penting.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Article
Creators:
CreatorsEmailNIM
Anshori, Isaisaanshori67@gmail.com2006056701
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
UNSPECIFIED., .UNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Politik > Politik Islam
Keywords: Cendikiawan Muslim Indonesia
Divisions: Karya Ilmiah > Artikel Mass Media
Depositing User: Dr., M.Si. Isa Anshori
Date Deposited: 05 Apr 2020 14:14
Last Modified: 05 Apr 2020 14:14
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39627

Actions (login required)

View Item View Item