Tinjauan Fiqh Siyasah terhadap peran BPKP dalam Pasal 49 PP No 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah pada Era Reformasi

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Al Jauhari, Mahfudz (2020) Tinjauan Fiqh Siyasah terhadap peran BPKP dalam Pasal 49 PP No 60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah pada Era Reformasi. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Mahfudz Al Jauhari_C95216117.pdf

Download (2MB)

Abstract

Dari Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa Peran BPKP dalam pasal 49 PP No.60 Tahun 2008 tentang Sistem Pengendalian Intern Pemerintah masih sangat penting dalam penyelenggaraan SPIP. karna semenjak perubahan dari era Orde Baru menjadi era Reformasi dan juga dengan dikeluarkan nya PP No 60 Tahun 2008 tentang SPIP, lambaga BPKP mereposisikan dirinya menjadi Aparat Pengawasan Intern Pemerintah, dimana BPKP menjadi penting perannya dalam pembinaan Aparat Pengawasan Intern Pemerintah (APIP) terhadap penyelenggaraan Sistem Pengendalian Intern Pemerintah (SPIP). Pengawasan Keuangan dan Pembangunan yang dilakukan berupa pemeriksaan audit tetap ada, akan tetapi pemeriksaan audit tersebut dilakukan oleh BPKP jika dibutuhkan, sehingga adanya Overlapping terhadap pengawasan yang dilakukan oleh BPKP saat ini sudah tidak ada. Sedangkan dalam Tinjauan Fiqh Siyasah Konsep Wizarah terdapat lembaga Wazir al-Tanfidz bidang Wilayah al-Hisbah yang tugas pelaksanaan dan kedudukannya identik dengan lembaga BPKP meskipun tidak sama persis. Karna wazir al-Tanfidz merupakan lembaga pembantu Kepala Negara yang bertugas mendampingi dan melaksankan perintahnya. Bidang wilayah al-Hisbah yaitu badan pengawasan yang memiliki wewenang untuk mengingatkan masyarakat tentang peraturan yang harus ditaati dan tindakan yang harus dihindari karna bertentangan dengan peraturan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Al Jauhari, Mahfudzmahfudzaljauhari13@gmail.comC95216117
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSukamto, Sukamtokamtoindoraya@yahoo.com2012036001
Subjects: Hukum > Hukum Tata Negara
Keywords: Overlapping; Fiqh Siyasah; Wizarah; lembaga Wazir al Tanfidz; Wilayah al Hisbah
Divisions: Fakultas Syariah dan Hukum > Hukum Tata Negara Islam
Depositing User: Mahfudz Al Jauhari
Date Deposited: 05 Apr 2020 11:58
Last Modified: 05 Apr 2020 13:30
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39634

Actions (login required)

View Item View Item