طريقة تحفيظ نظم الألفية وتطبيقها في تنمية كفاءة قراءة الكتب العربية للطلاب بمعهد الإسلامى السلفى نور الكرامة فتيرونجان غاليس بنكلان

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muhlis, Abdul Gafur (2009) طريقة تحفيظ نظم الألفية وتطبيقها في تنمية كفاءة قراءة الكتب العربية للطلاب بمعهد الإسلامى السلفى نور الكرامة فتيرونجان غاليس بنكلان. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdul Gafur Muhlis_D02205019.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39643

Abstract

Metode menghafal Nadzom Alfiyah Ibnu Malik dan penerapannya dalam mengembangkan kemampuan membaca kitab-kitab Bahasa Arab bagi santri di Pondok Pesantren Nurul Karomah Paterongan Galis Bangkalan

Berangkat dari asumsi penulis bahwa nahwu dan shorrof merupakan salah satu unsur kaidah dalam memahami bahasa. Kitab Alfiyah Ibnu Malik adalah salah satu kitab yang mempelajari keduanya, yang perlu mendapatkan perhatian khusus dari para pengajar bahasa. Hal tersebut dikarenakan Alfiyah (Nahwu-Shorrof) membawa pengaruh yang sangat besar bagi siswa yang belajar bahasa, seperti membaca, menulis, berbicara, dan mendengar. Tanpa adanya Alfiyah (Nahwu-Shorrof), semua itu tidak akan dapat memahami teks Arab dengan sempuma. Oleh karena itu, pengajara Alfiyah (Nahwu-Shorrof) harus disajikan dengan menarik agar siswa merasa senang dan memahami apa yang disampaikan oleh guru, agar tujuan pembelajaran tercapai. Adapun masalah yang diteliti dalam skripsi ini adalah bertujuan untuk mengetahui: Bagaimana penerapan menghafal nadzom Alfiyah lbnu Malik bagi santri di Pondok Pesantren Nurul Karomah Paterongan Galis Bangkalan, Bagaimana kemampuan membaca santri di Pondok tersebut, Sejauh mana kemampuan membaca santri dengan menerapkan hafalan Alfiyah di Pondok tersebut. Skripsi ini merupakan penelitian kualitatif. Untuk mendapatkan data-data yang berhubungan dengan pembahasan, maka penulis menggunakan lima metode yaitu: observasi, interview, tes, angket, dan dokumentasi. Setelah penulis mendapatkan data-datanya, kemudian menganalisa sesuai dengan jenis datanya. Kemudian dari analisis tersebut, penulis dapat menyimpulkan bahwa: penerapan hafalan Nadzom Alfiyah bagi santri di Pondok Pesantren Nurul Karomah Paterongan Galis Bangkalan sangat efektif dan baik, kemampuan membaca bagi santri di Pondok tersebut juga baik di lihat dari tes baca yang telah di lakukan oleh penulis, kemampuan membaca bagi santri dengan metode menghafal nadzom Alfiyah Ibnu Malik sangat efektif dan baik.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muhlis, Abdul Gafur--D02205019
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorPurwati, Enieni.tarbiyah@gmail.com2021126501
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Metode menghafal; Nadzom Alfiyah Ibnu Malik; kemampuan membaca kitab
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Bahasa Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Apr 2020 02:58
Last Modified: 07 Apr 2020 02:58
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39643

Actions (login required)

View Item View Item