فعالية تطبيق تيم طاكن لترقية مهارة الكلام باللغة العربية لطلاب الفصل الثالث بمدرسة دار الأمين المتوسطة وارو بماكاسن

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Yamani, Lutfi (2010) فعالية تطبيق تيم طاكن لترقية مهارة الكلام باللغة العربية لطلاب الفصل الثالث بمدرسة دار الأمين المتوسطة وارو بماكاسن. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Lutfi Yamani_A02206049.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39644

Abstract

Efektifitas penerapan Metode Time Token dalam meningkatkan keterampilan berbicara Bahasa Arab siswa Kelas Tiga di MTs Darul Amin Waru Pamekasan

Dalam pembelajaran Bahasa Arab, hendaknya metode yang digunakan oleh guru harus disesuaikan dengan materi pelajaran serta dengan kemampuan siswa agar proses belajar mengajar dapat berjalan dengan baik, efisien dan efektif. Metode Time Token merupakan salah satu tipe pembelajaran kooperatif, yaitu Model Pembelajaran yang sangat tepat untuk pembelajaran struktur yang dapat digunakan untuk. mengajarkan keterampilan sosial, untuk menghindari siswa mendominasi pembicaraan atau siswa diam sama sekali. Oleh itu penulis mengajukan judul tersebut untuk mengetahui beberapa persoalan yang penulis kaji dalam skripsi ini, yaitu tentang bagaimana penerapan metode Time Token dalam pembelajaran Bahasa Arab di MTs Darul Amin Waru Pamekasan, Bagaimana kemampun berbicara siswa terhadap Bahasa Arab dan bagaimana efektifitas penerapan metode Time Token dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa di MTs Darul Amin Waru Pamekasan. Untuk mengidentifikasi permasalah tersebut secara mendalam dan menyeluruh, penelitian ini menggunakan metode deskriptif-kuantitatif. Selanjutnya untuk memperoleh data yang dibutuhkan, penulis mengunakan metode observasi, wawancara, dokumentasi dan tes uji coba sebelum dan sesudah pembelajaran berlangsung. Sedangkan penelitian ini merupakan jenis penelitian uji coba yaitu melalui pemberia pretest-posstest sesudah adanya perlakuan. Adapun untuk mengetahui tingkat keefektifan dari penggunaan metode Time Token, penulis menganalisa data yang diperoleh melalui rumus uji t. Adapun hasil dari penelitian ini adalah, penulis menemukan bahwa penerapan metode Time Token dalam pembelajaran Bahasa Arab di kelas 3 Mts Darul Amin Waru Pamekasan tergolong baik, hal tersebut dapat dilihat dari perkembangan nilai siswa melalui pretest-postest yang di berikan oleh guru. Adapun kemampuan berbicara siswa di MTs Darul Amin berbeda-beda, yaitu sebagaian dari meraka ada yang mahir berbicara dengan menggunakan Bahsa Arab dan sebagian yang lain belum mahir berbicara Bahasa Arab, hal tersebut disebabkan oleh latarbelakang pendidikan siswa sebelumnya Sedangkan penggunaan metode Time Token dalam meningkatkan keterampilan berbicara siswa kelas 3 di Mts Darul Amin Waru Pamekasan tergolong efektif, hal tersebut dapat dilihat dari basil pretest-posstest yang di berikan oleh guru yaitu 6,5-8 serta dari basil analisa data yang dilakukan oleh penulis melalui uji t yaitu 3,67 Angka ini jauh lebih besar dibanding tt pada taraf signifikansi 5% yaitu 2,00 clan taraf signifikansi 1 % yaitu 2,65 (2,00 < 3,67 > 2,65). Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan metode Time Token cukup efektif dalam meningkatkan keterampilan berbicara bahasa Arab siswa kelas 3 MTs Darul Amin Waru Pamekasan.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Yamani, Lutfi--A02206049
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorBaihaqi, M.baihaqi.sby@gmail.com2020027401
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Metode
Keywords: Metode belajar; Time Token; keterampilan berbicara
Divisions: Fakultas Adab dan Humaniora > Bahasa dan Sastra Arab
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 07 Apr 2020 03:26
Last Modified: 07 Apr 2020 03:26
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39644

Actions (login required)

View Item View Item