Profil kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah terbuka (open ended) di Kelas VII SMP Sunan Ampel Menganti Gresik

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Muanisah, Muanisah (2010) Profil kemampuan berpikir kreatif siswa dalam menyelesaikan masalah terbuka (open ended) di Kelas VII SMP Sunan Ampel Menganti Gresik. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Muanisah_D04206060.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39680

Abstract

Kreativitas adalah hal yang sangat penting bagi kehidupan manusia. Oleh karena itu, bcrpikir kreatif harus dilatih sejak dini. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengembangkan kemampuan berpikir kreatif siswa adalah dengan memberikan tugas yang bersifat terbuka atau open ended. Masalah terbuka (open ended) mcrupakan salah satu masalah dalam matematika yang dapat mengakomodasi potensi berpikir krcatif siswa. Okh karcna itu, peneliti tertarik untuk mengetahui bagaimana profil kemampuan berpikir krcatif siswa dalam menyelesaikan masalah terbuka (open ended) di kclas VII SMP Sunan Ampel Menganti Gresik. Kemampuan berpikir krcatif mempakan potensi yang dimiliki oleh setiap manusia, namun yang membedakan adalah tingkatannya. Berpikir kreatif adalah suatu kegiatan mental untuk menciptakan scsuatu yang banz, baik berupa gagasan atau karya nyata dengan menggabung-gabungkan unsur-unsur yang sudah ada sebelumnya. Masalah terbuka (open ended) adalah masalah yang dirancang mempunyai lebih dari satu penyclesaian dan dengan baberapa eara yang tepat untuk mencapai penyclesaian itu. Masalah terbuka (open ended) terdiri dari tiga tipe yaitu finding relations (menemukan hubungan), classtfring (mengklasifikasikan), dan measuring (mengukur). Profil kemampuan berpikir kreatif dapat dilihat dari kreativitas atau hasil berpikir kreatifnya yang diklasifikasikan ke dalam tiga karakteriaik yaitu: kefasihan (fluency) adalah kemampuan siswa menyelesaikan masalah terbuka (open ended) dengan beberapa altemative jawaban yang bcnar, fleksibelitas adalah kemampuan siswa menyelesaikan masalah terbuka (open ended) dengan beberapa cara, kebaman (novelty) kemampuan siswa menyelesaikan masalah terbuka (open ended) dcngan beberapa jawaban yang berbeda tetapi bemilai bcnar dan satu jawaban yang tidak biasa dilakukan okh siswa pada lahap paicembangan mereka atau tingkat pengetahuannya Karena kcmampuan berpikir kreatif adalah hasil dari scbuah proscs, maka dapat ditelusuri dengan beberapa tahap yaitu persiapan, inkubasi, iluminasi, dan veritikasi. Pada tahap iluminasi dapat diketahui tingkat kemampuan berpikir kreatif siswa.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Muanisah, Muanisah--D04206060
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorHamdani, A. Saepulasepsaepulhamdani@uinsby.ac.id2031076501
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Keywords: Berpikir kreatif; siswa; menyelesaikan masalah; masalah terbuka
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 14 Apr 2020 11:59
Last Modified: 14 Apr 2020 11:59
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39680

Actions (login required)

View Item View Item