Modul Pelatihan Pengembangan Program Literasi dengan Pendekatan ABCD

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Hanifah, Umi and Izzudin, Andik and Sahidah, Nurmala and Safriyani, Rizka and Farisia, Hernik and Rakhmawati, Rakhmawati (2020) Modul Pelatihan Pengembangan Program Literasi dengan Pendekatan ABCD. Kanzum Books, Sidoarjo.

[img] Text
Umi Hanifah dkk_Modul ToT 1.pdf

Download (10MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39685

Abstract

Pengembangan literasi di madrasah merupakan sebuah upaya untuk menumbuhkan budaya literasi di madrasah baik pada tahap pembiasaan, pengembangan, maupun di ranah pembelajaran. Beberapa program didesain untuk mewujudkan tujuan ini baik melalui kegiatan pelatihan maupun pendampingan di madrasah dan di gugus. Melalui kemitraan antara INOVASI dengan UIN Sunan Ampel, modul ini dikembangkan sebagai panduan dalam kegiatan Training of Trainer Literacy Habitual through Reading Program. Melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan yang berkelanjutan, pada akhir program ini diharapkan: • Terjadi peningkatan kemampuan membaca siswa. • Peningkatan kemampuan literasi siswa dalam mendukung keberhasilan pembelajaran. • Terwujudnya budaya baca di sekolah. • Keberlanjutan program literasi. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan ABCD (Asset Based Community-driven Development). Melalui pendekatan ABCD ini diharapkan seluruh pihak yang terkait dalam pengembangan literasi memiliki kemampuan dan kemandirian dalam melaksanakan dan menginisiasi berbagai program sehingga keberlanjutan program dapat terwujud. Pendekatan ini digunakan dengan pertimbangan ABCD merupakan pendekatan dalam pengembangan masyarakat yang mengupayakan sebuah tatanan kehidupan sosial yang menempatkan masyarakat sebagai pelaku dan penentu upaya pembangunan di lingkungannya. Oleh karena itu, modul ini berfokus pada strategi-strategi pengembangan budaya baca di madrasah, konsep dan implementasi pendekatan ABCD, penggunaan aplikasi “Ayo Membaca” sebagai instrument yang digunakan untuk mengukur kemampuan membaca siswa, dan materi tentang peran fasilitator dalam mendorong pencapaian program. Melalui pelatihan yang menggunakan modul ini sebagai panduan diharapkan, para fasda memiliki gambaran yang utuh materi yang harus ditransfer kepada pada guru baik pada pelatihan di workshop maupun dalam kegiatan pendampingan sehingga guru sebagai mitra dalam pelaksanaan program ini memiliki wawasan dan pengetahuan terkait pengembangan budaya baca di madrasah dengan mengoptimalkan aset sebagai basis untuk mewujudkan kemandirian dan keberhasilan program.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Book
Creators:
CreatorsEmailNIM
Hanifah, Umiumihanifah78@yahoo.com2028097802
Izzudin, Andik----
Sahidah, Nurmala----
Safriyani, Rizkarizkasafriyani@yahoo.com2014098401
Farisia, Hernik--201409007
Rakhmawati, Rakhmawatithestarone_777@yahoo.com--
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Reviewer.Rusydiyah, Evi Fatimaturevi_fatimatur@yahoo.com2027127301
ReviewerKurniawan, Agus Prasetyosugaghost@gmail.com2021088301
Subjects: Pendidikan > Kurikulum
Keywords: Modul pelatihan; Pengembangan Literasi; pendekatan ABCD
Divisions: Karya Ilmiah > Pedoman
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Apr 2020 08:15
Last Modified: 17 Apr 2020 08:16
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39685

Actions (login required)

View Item View Item