Modul Pelatihan Data Analyses Workshop Pengembangan Literasi di Madrasah dengan Pendekatan ABCD

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Setyawati, Maunah and Sholeh, Hafiyus and Fanani, Aris and Hamzah, Hamzah (2020) Modul Pelatihan Data Analyses Workshop Pengembangan Literasi di Madrasah dengan Pendekatan ABCD. Kanzum Books, Sidoarjo. ISBN 978-602-6326-94-2

[img] Text
Setyawati dkk_Modul Workshop Data Analisis.pdf

Download (5MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39687

Abstract

Pengembangan literasi di madrasah merupakan sebuah upaya untuk menumbuhkan budaya literasi di madrasah baik pada tahap pembiasaan, pengembangan, maupun di ranah pembelajaran. Beberapa program didesain untuk mewujudkan tujuan ini baik melalui kegiatan pelatihan maupun pendampingan di madrasah dan di gugus. Melalui kemitraan antara INOVASI dengan UIN Sunan Ampel, modul ini dikembangkan sebagai panduan dalam kegiatan Workshop Data Analyses. Melalui kegiatan pelatihan dan pendampingan yang berkelanjutan, pada akhir program ini diharapkan: • Terjadi peningkatan kemampuan membaca siswa. • Peningkatan kemampuan literasi siswa dalam mendukung keberhasilan pembelajaran. • Terwujudnya budaya baca di sekolah. • Keberlanjutan program literasi. Untuk mewujudkan tujuan tersebut, pendekatan yang digunakan adalah pendekatan ABCD (Asset Based Community-driven Development). Melalui pendekatan ABCD ini diharapkan seluruh pihak yang terkait dalam pengembangan literasi memiliki kemampuan dan kemandirian dalam melaksanakan dan menginisiasi berbagai program sehingga keberlanjutan program dapat terwujud. Pendekatan ini digunakan dengan pertimbangan ABCD merupakan pendekatan dalam pengembangan masyarakat yang mengupayakan sebuah tatanan kehidupan sosial yang menempatkan masyarakat sebagai pelaku dan penentu upaya pembangunan di lingkungannya. Oleh karena itu, modul ini didesain sebagai kelanjutan modul yang ke dua, berfokus pada pengembangan kompetensi guru dalam mengolah dan menginterpretasikan data hasil reading assessment siswa. Melalui pelatihan yang menggunakan modul ini sebagai panduan, diharapkan para fasda dan guru memiliki gambaran yang utuh tentang bagaimana mengolah dan menginterpretasikan data kemampuan membaca anak-anak sehingga akan memudahkan guru dalam menentukan program budaya baca yang sesuai. Semoga modul ini bermanfaat.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Book
Creators:
CreatorsEmailNIM
Setyawati, Maunahmaunah_iain@yahoo.com--
Sholeh, Hafiyushafiyusholeh@gmail.com2004028001
Fanani, Arisarisfa@uinsby.ac.id2027018701
Hamzah, Hamzah----
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
ReviewerRusydiyah, Evi Fatimaturevi_fatimatur@yahoo.com2027127301
ReviewerFarisia, Hernik----
Subjects: Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Modul Pelatihan; Data Analyses Workshop; Pengembangan Literasi di Madrasah; Pendekatan ABCD
Divisions: Karya Ilmiah > Pedoman
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 17 Apr 2020 10:11
Last Modified: 17 Apr 2020 10:12
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39687

Actions (login required)

View Item View Item