Tinjauan etika bisnis Islam terhadap sharia compliance dan social impact pada homestay syariah di kawasan Gayungan Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Nisa, Fauzatul Laily (2020) Tinjauan etika bisnis Islam terhadap sharia compliance dan social impact pada homestay syariah di kawasan Gayungan Surabaya. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
1. Fauzatul Laily Nisa_F54218164.pdf

Download (16MB)

Abstract

Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif menggunakan pendekatan sosiologis dengan sumber data primer dan sumber data sekunder yang selanjutnya dipaparkan dan dianalisis antara teori yang diangkat dengan pelaksanaan dan data yang diperoleh. Adapun narasumber penelitian ini adalah Pemilik/pengelola, Karyawan, dan Masyarakat sekitar Homestay Syariah di Gayungan Surabaya. Sesuai dengan indikator tentang sharia compliance, social impact dan etika bisnis Islam, maka dapat disimpulkan bahwa (1) Penerapan sharia compliance pada kempat Homestay Syariah di Gayungan Surabaya telah memenuhi indikator fasilitas hiburan serta makanan dan minuman, sedangkan untuk indikator fasilitas ibadah dan pakaian pengelola, sebagian telah sesuai, namun sebagian yang lain belum. Selain itu, keempat Homestay Syariah di Gayungan Surabaya belum memenuhi indikator lembaga keuangan syariah yang digunakan; (2) Social impact yang ditimbulkan keempat Homestay Syariah di Gayungan Surabaya terhadap masyarakat disekitarnya berdampak positif dalam indikator gaya hidup dan ekspresi mode, dan juga berdampak negatif dalam indikator perilaku hubungan sosial serta nilai-nilai individu dan kolektif. Sedangkan untuk indikator perubahan sistem sosial, sebagian berdampak positif dan sebagian lainnya tidak berdampak apapun terhadap masyarakat sekitar Homestay Syariah di Gayungan Surabaya; (3) Tinjauan etika bisnis Islam terhadap sharia compliance dan social impact pada Homestay Syariah di Gayungan Surabaya, sebagian sudah sesuai dengan etika bisnis Islam karena telah memenuhi prinsip kebolehan dan kemanfaatan, serta sebagian lainnya masih belum sesuai dengan etika bisnis Islam karena belum memnuhi prinsip kesatuan, keadilan, pertanggung jawaban, dan kebenaran, kebijakan, kejujuran.Disarankan agar bagi pihak pengelola Homestay Syariah di Gayungan Surabaya agar segera memperbaiki sharia compliance dan social impact yang masih belum sesuai dengan etika bisnis Islam.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Nisa, Fauzatul LailyUNSPECIFIEDF52418164
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorZahro, AhmadUNSPECIFIED2007065501
Thesis advisorMugiyati, Mugiyatimugiyati@uinsby.ac.id2026027101
Subjects: Ekonomi
Ekonomi Islam
Pariwisata
Sosiologi
Keywords: Etika Bisnis Islam; Sharia Compliance; Social Impact; Homestay Syariah.
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Fauzatul Laily Nisa
Date Deposited: 24 Apr 2020 00:57
Last Modified: 15 May 2020 02:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39722

Actions (login required)

View Item View Item