دراسة تحليلية عن خطة تفسير الجيلاني و منهجه واتجاهه

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Idham, Idham (2012) دراسة تحليلية عن خطة تفسير الجيلاني و منهجه واتجاهه. Undergraduate thesis, IAIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Idham_E03208010.pdf

Download (3MB)
Official URL: http://digilib.uinsby.ac.id/id/eprint/39728

Abstract

Tafsir merupakan salah satu produk dari kajian Al Qur'an yang mempunyai banyak wajah dalam sejarah perkembangannya mulai zaman Shahabat hingga sekarang. lni discbabkan oleh banyaknya mufassir yang muncul dari berbagai kalangan -meskipun para ulama' telah mensyaratkan kriteria mufassir sebagai batasan dalam pemaknaan Al Qur'an- dengan berbagai disiplin keilmuan yang dikuasai mereka. Salah satu mufasir yang mencoba menafsirkan Al Quian adalah Syeikh Abdul Qadir Al Jailani yang notabenenya dikenal sebagai scorang ulama Sufi -bahkan tidak scdikit yang mengkultuskannya sebagai seorang wali- schingga bisa ditebak bahwa tafsir yang coba ditawarkannya kental dengan nuansa sufistik. Penclitian berikut ini mencoba mengungkap lebih lanjut tentang dugaan tcrsebut atau dengan lebih spesifik mengungkap sistematika penyusunan tafsirnya (Khittah), metode (manhaj) bescrta kecenderungannya (ittijah). Tafsir ini mempunyai keunikan tersendiri yaitu kemunculannya lebih dari sembilan ratus tahun scjak wafatnya Syaikh Abdul Qadir Al Jailani. Naskah tafsir ini sendiri ditemukan oleh Syaikh Muhammad Fadil Jilani, keturunan Syaikh Abdul Qadir yang kcdua puluh lima di kota Vatikan Roma, tempat suci orang Nasrani. Sehingga kemunculan tafsir ini mendapat pro kontra dari para Ulama tentang otentisitasnya. Dari hasil data kualitatif, diperolch hasil bahwa Tafsir Al Jailani adalah tarsir mempunyai sistematika tambahan dari sistematika tafsir Tahlili pada umumnya. Dan meskipun tafsir ini menggunakan kalimat-kalimat sufistik namun tafsir ini tetap menampilkan munasabah, asbab al nuzul, hadis dan berbagai perangkat lain yang biasa digunakan mufassir pada model tafsir.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Idham, Idham--E03208010
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorRowi, Muhammad Roem----
Subjects: Tafsir > Tafsir Al Qur'an
Keywords: Abdul Qadir Al Jailani; sistematika; metode; kecenderungan
Divisions: Fakultas Ushuluddin dan Filsafat > Tafsir Hadis
Depositing User: Editor : Abdun Nashir------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 24 Apr 2020 16:37
Last Modified: 24 Apr 2020 16:37
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39728

Actions (login required)

View Item View Item