Analisis kerjasama homestay syariah dengan online travel agent (OTA) dalam perspektif ekonomi syariah: studi kasus pada Homestay Airy Eco Syariah dan Dharmawati Homestay Syariah di Sidoarjo

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Dea Silfani Robi (2020) Analisis kerjasama homestay syariah dengan online travel agent (OTA) dalam perspektif ekonomi syariah: studi kasus pada Homestay Airy Eco Syariah dan Dharmawati Homestay Syariah di Sidoarjo. Masters thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Dea Silfani Robi Putri_F52418163.pdf

Download (1MB)

Abstract

Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan analisis kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, dokumentasi, dan wawancara secara langsung kepada narasumber yaitu Manajer Homestay Airy Eco Syariah dan Pemilik Dharmawati Homestay Syariah. Dari hasil penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa kerjasama yang terjalin antara Homestay Airy Eco Syariah dengan Online Travel Agent (OTA) Airy adalah kerjasama dalam bentuk Syirkah Inan, sedangkan kerjasama yang terjalin antara Dharmawati Homestay Syariah dengan Online Travel Agent (OTA) adalah kerjasama dalam bentuk Samsarah, dengan pembagian keuntungan berdasarkan sharing profit. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa kerjasama yang dilakukan Homestay Airy Eco Syariah dengan online travel agent (OTA) Airy sesuai dengan kerjasama dalam perspektif ekonomi syariah, dapat dilihat dari tidak adanya hambatan karena kedua pihak menerapkan prinsip kerjasama untuk saling tolong menolong, sedangkan kerjasama yang dilakukan Dharmawati Homestay dengan online travel agent (OTA) masih terdapat kerjasama yang belum memenuhi kerjasama dalam perspektif ekonomi syariah, dapat dilihat dari adanya pihak yang tidak dapat menepati atau tidak dapat melaksanakan hasil kesepakan sesuai dengan perjanjian kerjasama. Sejalan dengan kesimpulan diatas maka peneliti memberikan saran agar Homestay Airy Eco Syariah yang menjalankan kerjasama dengan online travel agent (OTA) Airy diharapkan dapat seterusnya berkelanjutan karena dapat terjalin kerjasama yang bersifat saling tolong-menolong. Bagi Dharmawati Homestay Syariah yang menjalankan kerjasama dengan online travel agent (OTA) diharapkan dapat saling berintrospeksi dan mengevaluasi dalam kerjasama yang sudah dijalankan agar tetap berada pada prinsip ekonomi syariah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Masters)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Dea Silfani Robideasilfani.robi@gmail.comF52418163
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorArifin, Ahmad Aliaaarifin07@gmail.com2014126201
Thesis advisorMugiyati, Mugiyatimugiyati@uinsby.ac.id2026027101
Subjects: Ekonomi Islam
Keywords: Kerjasama; Homestay Syariah; Online Travel Agent (OTA).
Divisions: Program Magister > Ekonomi Syariah
Depositing User: Putri Dea Silfani Robi
Date Deposited: 25 Apr 2020 03:09
Last Modified: 25 Apr 2020 03:09
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39729

Actions (login required)

View Item View Item