Profesionalisme Guru: studi multi situs di MI al- Bukhori Penjaringansari Rungkut dan SD Kyai Ibrahim Siwalankerto Wonocolo Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Fithriyah, Nur Nafistaul (2020) Profesionalisme Guru: studi multi situs di MI al- Bukhori Penjaringansari Rungkut dan SD Kyai Ibrahim Siwalankerto Wonocolo Surabaya. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Nur Nafisatul Fithriyah_ F02A18358.pdf

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dalam penelitian ini adalah1) Menganalisis profesionalisme guru sertifikasi dan nonsertifikasi di MI Al-Bukhori Penjaringansari Rungkut dan SD Kyai Ibrahim Siwalankerto Wonocolo Surabaya, 2) Mendeskripsikan usaha-usaha guru sertifikasi dan nonsertifikasi untuk meningkatkan profesionalisme guru di MI Al-Bukhori Penjaringansari Rungkut dan SD Kyai Ibrahim Siwalankerto Wonocolo Surabaya, 3) Mengkelasifikasikan faktor pendukung dan penghambat untuk meningkatkan profesionalisme guru sertifikasi dan nonsertifikasi di MI Al-Bukhori Penjaringansari Rungkut dan SD Kyai Ibrahim Siwalankerto Wonocolo Surabaya. Pada penelitian ini, peneliti menggunakan pendekatan kualitatif dengan metode penelitian studi kasus yang memiliki karakteristik alami sebagai sumber data langsung. Selain itu, juga mendeskripsikan data dengan sebuah kata-kata. Teknik pengumpulan datanya adalah wawancara, observasi, dokumentasi dan angket. Data dianalisis menggunakan reduksi data, penyajian data, penarikan kesimpulan dan verivikasi data. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi sumber dan triangulasi metode. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: 1) Profesionalisme guru di MI Al- Bukhori sudah baik mulai dari kompetensi pedagogik, kepribadian, sosial dan profesional yang beberapa perlu penerapan yang optimal agar lebih baik. Dan di SD Kyai Ibrahim profesionalisme gurunya sudah baik dari kompetensi pedagogik, profesional, kepribadian akan tetapi dalam kompetensi sosial perlu adanya arahan-arahan yang lebih baik pada sebagian guru. 2) Usaha- usaha guru dalam meningkatkan profesionalisme guru di MI Al- Bukhori dan SD Kyai Ibrahim tidak jauh berbeda diantaranya sebagai berikut: melengkapi perangkat pembelajaran, menambah referensi- referensi pembelajaran di internet, meningkatkan proses pembelajaran yang menyenangkan yang bisa diterima anak-anak, mengikuti kegiatan-kegiatan yang berinovasi, mengikuti KKG dan PKB, melakukan literasi dan terus belajar baik belajar mandiri, belajar melihat fenomena, ataupun belajar dengan atasan. 3) Faktor pendukung di MI Al-Bukhori dan SD Kyai Ibrahim juga tidak jauh berbeda diantaranya: adanya sertifikasi, fasilitas dari sekolah seperti laptop, wifi, print, media IT yang sudah berkembang, motivasi dari kepala sekolah dan guru lain, keaktifan siswa dalam pembelajaran, adanya penilaian dari kepala sekolah, antar guru, wali murid, dan peserta didik. Sedangkan faktor penghambat diantaranya sebagai berikut: keterbatasan waktu dalam pembelajaran, faktor usia dikarenakan banyak guru senior menyebabkan minat guru dalam mengembangkan profesionalisme guru terutama berbasis IT menjadi berkurang, kurangnya komunikasi antar orang tua siswa, kurangnya antusias guru ketika mengikuti pelatihan yang ditugaskan sekolah.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Fithriyah, Nur Nafistaulnurnafisatulfithriyah@gmail.comF02A18358
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorSihabudin, Sihabudinbudinsihab77@gmail.com/sihabudin@u2020027701
Subjects: Pendidikan > Pendidikan - Kualitas Guru
Keywords: Profesionalisme guru; usaha-usaha guru; faktor pendukung dan faktor penghambat.
Divisions: Program Magister > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Fithriyah Nur Nafisatul
Date Deposited: 13 May 2020 04:01
Last Modified: 13 May 2020 04:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39763

Actions (login required)

View Item View Item