Frekwensi penggunaan Bahasa Sasaran (Target Language) oleh mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab (BSA) dan Sastra Inggris (SI) Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Milal, A. Dzo'ul (2017) Frekwensi penggunaan Bahasa Sasaran (Target Language) oleh mahasiswa Bahasa dan Sastra Arab (BSA) dan Sastra Inggris (SI) Fakultas Adab dan Humaniora Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Frekwensi Penggunaan Bahasa Sasaran_Milal.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini mengungkap tingkat frekwensi penggunaan bahasa sasaran (target language) yaitu bahasa Arab oleh mahasiswa Program Studi Bahasa dan Sastra Arab (Prodi BSA) dan bahasa Inggris oleh mahasiswa Program Studi Sastra Inggris (Prodi SI) di Fakultas Adab dan Humaniora (FAH), UIN Sunan Ampel Surabaya. Selain itu, penelitian ini juga memaparkan faktor-faktor yang relevan berkaitan dengan frekwensi penggunaan bahasa sasaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dengan tujuan untuk mendeskripsikan suatu kondisi apa adanya pada suatu masa dan situs tertentu. Populasinya adalah seluruh mahasiswa Prodi BSA dan Prodi SI. Sampelnya diambil secara purposive random sampling untuk menjamin keterwakilan semua mahasiswa semester 2, 4, dan 6, masing-masing diambil 10 orang. Totalnya, 30 mahasiswa Prodi BSA, dan 30 mahasiswa Prodi SI. Data dikumpulkan dengan instrumen angket. Setelah terkumpul, data dikuantifikasi dan dicari persentasenya untuk mencari tingkat frekwensinya. Hasil yang ditemukan, pertama, mahasiswa Prodi BSA cenderung jarang menggunakan bahasa Arab baik untuk kegiatan menyimak, bicara, membaca, menulis, maupun menerjemahkan. Kedua, mahasiswa Prodi SI juga menunjukkan kecenderungan yang sama, yaitu frekwensi rendah dalam menggunakan bahasa Inggris. Jawaban untuk pertanyaan ketiga, diantara faktor yang relevan berkaitan dengan frekwensi penggunaan bahasa sasaran adalah faktor kuantitas input yang tidak memadai, faktor strategi belajar mengajar yang kurang menggiatkan mahasiswa untuk lebih banyak menggunakan bahasa sasaran, dan factor lingkungan yang kurang merangsang tumbuhnya kebutuhan terhadap bahasa sasaran

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Milal, A. Dzo'uldzoulmilal@uinsby.ac.id2015056002
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Author., ...
Subjects: Pendidikan > Bahasa Arab
Metode Pembelajaran
Pendidikan > Bahasa Inggris
Pendidikan > Pembelajaran
Keywords: Pendidikan Bahasa; Bahasa Inggris; Bahasa Arab
Divisions: Karya Ilmiah > Laporan Penelitian
Depositing User: Editor : Ummir Rodliyah------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 15 Jun 2020 03:00
Last Modified: 15 Jun 2020 03:00
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/39840

Actions (login required)

View Item View Item