PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL GERAK KARTUN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI TOKOH CERITA ANAK PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS III MI NOOR MUSHOLLA SURABAYA

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Putri, Febby Dwi Kusuma (2015) PENGGUNAAN MEDIA AUDIO VISUAL GERAK KARTUN UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATERI TOKOH CERITA ANAK PELAJARAN BAHASA INDONESIA DI KELAS III MI NOOR MUSHOLLA SURABAYA. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img]
Preview
Text
Cover.pdf

Download (90kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Abstrak.pdf

Download (235kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Isi.pdf

Download (232kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 1.pdf

Download (276kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 2.pdf

Download (159kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 3.pdf

Download (196kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 4.pdf

Download (391kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Bab 5.pdf

Download (228kB) | Preview
[img]
Preview
Text
Daftar Pustaka.pdf

Download (227kB) | Preview

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa kelas III materi tokoh cerita anak dalam pembelajaran Bahasa Indonesia. Terbukti dengan nilai pada materi tokoh cerita anak yang berada di bawah KKM kurang dari 75 dan disebabkan oleh beberapa faktor yaitu kurang adanya pemanfaatan media pembelajaran antara lain laptop, LCD, video kartun cerita anak terkait materi. Sehingga menjadikan siswa bosan, kurang semangat (ice breaking), dengan hal itu maka penulis mengambil penggunaan media audio visual gerak kartun dalam pembelajaran materi tokoh cerita anak kelas III MI Noor Musholla.
Rumusan masalah pada penelitian ini adalah : (1) Bagaimana cara penerapan media audiovisual gerak kartun pada pelajaran Bahasa Indonesia materi tokoh cerita anak kelas III MI Noor Musholla, (2) Bagaimana peningkatan hasil belajar siswa materi tokoh cerita anak dengan menggunakan media audio visual gerak. Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan diskriptif kualitatif penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus menurut model Kemmis Mc Taggart. Adapun teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu observasi, wawancara, dokumentasi dan tes tulis dan nontes berupa unjuk kerja. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan nilai rata-rata dan prosentase ketuntasan belajar berdasarkan rumus yang telah di tentukan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) Penerapan Media Audio Visual Gerak Kartun pada pelajaran Bahasa Indonesia materi tokoh cerita anak kelas III berjalan dengan baik melalui perbaikan disetiap siklus, dari siklus I dan siklus II mengalami peningkatan. Dimulai dari aktivitas guru siklus I mencapai rata-rata 70% dan mencapai rata-rata 95% pada siklus II, sedangkan dari aktivitas siswa pada siklus I mencapai rata-rata 65,7% dan mencapai rata-rata 93,7% pada siklus II. (2) Pada hasil belajar juga mengalami peningkatan pada kegiatan pra siklus mencapai rata-rata hasil belajar 74,2 menjadi 78 pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 91,45 pada siklus II. Demikian pula prosentase ketuntasan belajar kegiatan pra siklus 56,7% menjadi 70% pada siklus I dan meningkat lagi menjadi 96,6% pada siklus II.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Additional Information: M. Bahri Musthofa
Creators:
CreatorsEmailNIM
Putri, Febby Dwi KusumaUNSPECIFIEDUNSPECIFIED
Subjects: Pendidikan > Media
Pendidikan > Hasil Belajar
Keywords: Audio Visual; Kartun; Hasil Belajar; Bahasa Indonesia
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah
Depositing User: Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id
Date Deposited: 27 Jan 2016 02:07
Last Modified: 27 Jan 2016 02:07
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4049

Actions (login required)

View Item View Item