This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya
Musyafa’, Anwarul (2015) MENINGKATKAN KETERAMPILAN SOSIAL DAN KETUNTASAN HASIL BELAJAR MATERI SIFAT-SIFAT BANGUN DATAR MELALUI PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE JIGSAW PADA SISWA KELAS V SDI AN-NAHAR POGAR BADAS KEDIRI. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.
|
Text
Cover.pdf Download (177kB) | Preview |
|
|
Text
Abstrak.pdf Download (203kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Isi.pdf Download (197kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 1.pdf Download (218kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 2.pdf Download (514kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 3.pdf Download (256kB) | Preview |
|
|
Text
Bab 4.pdf Download (1MB) | Preview |
|
|
Text
Bab 5.pdf Download (185kB) | Preview |
|
|
Text
Daftar Pustaka.pdf Download (193kB) | Preview |
Abstract
Penelitian ini berawal dari permasalahan yang dijumpai oleh peneliti, yaitu rendahnya keterampilan sosial dan hasil belajar siswa kelas V SDI An-Nahar Pogar Badas Kediri. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah: (1) Bagaimana kemampuan guru melaksanakan rencana pembelajaran matematika model kooperatif tipe jigsaw dalam materi sifat-sifat bangun datar?, (2) Bagaimana peningkatan keterampilan sosial siswa kelas V SDI An Nahar Pogar Badas Kediri dalam pembelajaran matematika dengan model kooperatif tipe jigsaw? (3) Bagaimana peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa kelas V SDI An Nahar Pogar Badas Kediri dalam pembelajaran matematika dengan model kooperatif tipe jigsaw?
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (Classroom Action Research) yaitu proses pengkajian masalah pembelajaran di dalam kelas melalui refleksi diri dalam upaya untuk memecahkan masalah tersebut dengan cara melakukan berbagai tindakan yang terencana dalam situasi nyata serta menganalisis setiap pengaruh dari perlakuan tersebut. Jenis penelitian ini menggunakan model kemmis dan Taggart yang pada intinya, model PTK Kemmis dan Taggart adalah untaian yang terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi yang dipandang sebagai satu siklus. Banyaknya siklus tergantung dari tercapai atau tidaknya target penelitian yang diinginkan. Siklus akan dihentikan jika target yang inginkan sudah tercapai.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Skor akhir observasi kemampuan guru dalam melaksanakan RPP pada siklus I adalah sebesar 3,28, artinya masuk dalam kategori sangat baik. Skor akhir observasi kemampuan guru dalam melaksanakan RPP pada siklus II adalah sebesar 3,72, artinya masuk dalam kategori sangat baik. Kemampuan guru melaksanakan RPP dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 0,44, (2) Hasil observasi keterampilan sosial siswa menunjukkan bahwa rata-rata keterampilan sosial siswa pada siklus I adalah sebesar 2,25, artinya masuk dalam kategori cukup. Sedangkan pada siklus II adalah sebesar 2,46, artinya masuk dalam kategori baik. Ratarata keterampilan siswa dari siklus I ke siklus II meningkat sebesar 0,21, (3) Hasil tes belajar yang dilakukan pada siklus I menunjukkan bahwa persentase ketuntasan belajar pada siklus I adalah sebesar 60%. Sedangkan pada siklus II sebesar 80%. Persent
Statistic
Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.
Item Type: | Thesis (Undergraduate) | ||||||
---|---|---|---|---|---|---|---|
Additional Information: | A. Saepul Hamdani | ||||||
Creators: |
|
||||||
Subjects: | Pendidikan > Hasil Belajar | ||||||
Keywords: | Bangun Datar; Hasil Belajar; Jigsaw | ||||||
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Matematika | ||||||
Depositing User: | Editor : Yuhyil Ayda------ Information------library.uinsby.ac.id | ||||||
Date Deposited: | 27 Jan 2016 04:58 | ||||||
Last Modified: | 27 Jan 2016 04:58 | ||||||
URI: | http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/4056 |
Actions (login required)
View Item |