Pengeruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar Akidah Akhlaq siswa MTsN 1 Kota Surabaya

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Chafidh, Abdul (2020) Pengeruh penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar Akidah Akhlaq siswa MTsN 1 Kota Surabaya. Other thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Abdul Chafidh_D91216039.pdf

Download (780kB)

Abstract

Peneliti ingin mengkaji beberapa permasalahan, yaitu (1) Bagaimana penerapan inkuiri terbimbing di MTsN 1 Kota Surabaya (2) Bagaimana hasil belajar akidah akhlaq siswa MTsN 1 Kota Surabaya (3) Bagaimana penerapan inkuiri terbimbing terhadap hasil belajar siswa MTsN 1 Kota Surabaya. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan pendekatan penelitian kuantitatif. Adapun jumlah populasinya adalah 208 kelas IX di MTsN 1 Kota Surabaya. Sampel yang diambil adalah 17% dari populasi yaitu 36 siswa. Lokasi yang diteliti bertempat di MTsN 1 Kota Surabaya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, angket dan dokumentasi. Sedangkan untuk pengolahan data menggunakan analisis regresi linear sederhana. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa (1) Penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing yang diterapkan oleh guru akidah akhlak dalam kegiatan belajar mengajar di kelas, secara umum dilakukan dengan sangat baik. Hal ini dibuktikan dengan skor rata-rata yang di dapat adalah 2,48. Oleh karena itu, penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing dikategorikan sangat baik. (2) Hasil belajar pada mata pelajaran akidah akhlak pada siswa MTsN 1 Kota Surabaya dikategorikan sangat baik. Karena skor rata-rata dari nilai pengetahuan, keterampilan, sikap adalah 84,313. (3) Ada pengaruh antara dua variabel ini disebabkan karena hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak sebagian didapat dari penerapan model inkuiri terbimbing. Hal ini dibuktikan analisis regresi linear dengan nilai signifikan dari tabel coefficient diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,009 < 0,05, dan dari uji t nilai signifikan dari tabel coefficient diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,009 < 0,05, sehingga dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran inkuiri terbimbing (X) berpengaruh terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran akidah akhlak (Y).

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Other)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Chafidh, Abdulabdulchafidh98@gmail.comD91216039
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorTolchah, Mochmochtolchah@yahoo.com2005035301
Thesis advisorSyaifuddin, Syaifuddinmr.syaifuddin1@gmail.com2029116901
Subjects: Pendidikan > Strategi Belajar Mengajar
Pendidikan > Pendidikan - Karakter
Keywords: Inkuiri Terbimbing; Hasil Belajar Siswa; Akidah Akhlaq
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Abdul Chafidh
Date Deposited: 24 Jun 2020 08:01
Last Modified: 24 Jun 2020 08:01
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/41569

Actions (login required)

View Item View Item