Implementasi Metode Hanifida dalam Menghafal Al-Qur'an di Pondok Pesantren La Raiba Hanifida Jombang

This item is published by Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya

Ulya, Himmatul (2020) Implementasi Metode Hanifida dalam Menghafal Al-Qur'an di Pondok Pesantren La Raiba Hanifida Jombang. Undergraduate thesis, UIN Sunan Ampel Surabaya.

[img] Text
Himmatul Ulya_D91216055.pdf

Download (5MB)

Abstract

Al-Qur’an merupakan sumber rujukan yang menjadi pedoman bagi setiap umat yang mengimaninya, keaslian dan kelestariannya harus tetap terjaga. Dengan adanya manusia-manusia pilihan Allah, yakni para penghafal al-Qur’an merupakan salah satu bentuk usaha manusia untuk mencegah adanya penyimpangan terhadap al-Qur’an. Dalam menghafal al-Qur’an, terdapat sebuah metode pengembangan yang berhasil diciptakan oleh pengasuh Pondok Pesantren La Raiba Hanifida Jombang, yaitu Hanifudin Mahadun dan Khoirotul Idawati, yang dinamakan dengan metode Hanifida. Metode Hanifida merupakan salah satu metode yang tepat untuk diterapkan dalam menghafal al-Qur’an. Selain menjadikan hafalan itu mudah dihafal dan sulit dilupakan, menghafal dengan metode Hanifida sungguh sangat menyenangkan, karena mengaplikasikan lima sistem yang disertai dengan visualisasi berwarna dan bergambar. Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui langkah dan strategi menghafal al-Qur’an, serta untuk mengetahui implementasi metode Hanifida dalam menghafal al-Qur’an. Penelitian ini dilakukan di Pondok Pesantren La Raiba Hanifida yang berada di Diwek kabupaten Jombang. Jenis penelitian ini adalah kualitatif, sumber data diperoleh berasal dari data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi dan dokumentasi, kemudian dianalisis melalui tiga tahapan; reduksi data, penyajian data lalu penarikan kesimpulan. Berdasarkan penelitian yang dilakukan menunjukkan bahwa implementasi metode Hanifida dalam menghafal al-Qur’an dengan mengaplikasikan lima sistem terbukti efektif , melihat hasil rekapan data pencapaian setoran hafalan santri yang mampu menuntaskan hafalannya dengan baik serta hasil dari pengamatan kemampuan hafalan masing-masing individu.

Statistic

Downloads from over the past year. Other digital versions may also be available to download e.g. from the publisher's website.

Item Type: Thesis (Undergraduate)
Creators:
CreatorsEmailNIM
Ulya, Himmatululyahimmatul2@gmail.comD91216055
Contributors:
ContributionNameEmailNIDN
Thesis advisorM. Nawawi, M. Nawawiabuasimazz@yahoo.com2015045701
Thesis advisorZaini, Achmadzainiazami@yahoo.com2012057001
Subjects: Metode Pembelajaran
Pesantren
Keywords: Metode Hanifida; Menghafal al-Qur’an.
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Himmatul Ulya
Date Deposited: 27 Jun 2020 05:13
Last Modified: 27 Jun 2020 05:13
URI: http://digilib.uinsa.ac.id/id/eprint/41589

Actions (login required)

View Item View Item